Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Kesehatan Mesin Mobil dari Putaran Kipas Radiator

Kompas.com - 20/05/2023, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mobil modern dibekali teknologi canggih untuk menunjang sistem kerja mesin. Tidak hanya soal tenaga, kemampuan dapur pacu mempertahankan kesehatannya juga didukung dengan sistem terbaru.

Seperti sistem pendingin mesin, penggerak kipas radiator tidak lagi menggunakan sabuk yang memanfaatkan putaran mesin. Kipas digerakkan oleh motor yang bekerja berdasarkan perintah ECU.

Sehingga, putaran kipas radiator bisa merepresentasikan kondisi kesehatan mesin. Seperti apa caranya, simak penjelasan berikut!

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu Tanda Kipas Radiator Mulai Melemah

Kebocoran pada radiator harus diperiksa dari mana sumbernya untuk menentukan radiator harus diganti atau bisa diperbaikiKompas.com/Erwin Setiawan Kebocoran pada radiator harus diperiksa dari mana sumbernya untuk menentukan radiator harus diganti atau bisa diperbaiki

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan kipas radiator pada mobil modern akan berputar saat dibutuhkan, salah satunya ketika suhu mesin tinggi.

“Bila kipas radiator berputar terus menerus, padahal AC sudah dimatikan, itu bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada sistem pendingin mesin,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (19/5/2023).

Hardi mengatakan pengguna mobil bisa mendeteksi kesehatan mesin dari putaran kipas radiator, salah satunya ketika mobil hendak dimatikan setelah digunakan.

Baca juga: Tidak Wajar, Kipas Radiator Langsung Berputar Saat Kunci Kontak Menyala

Dengan mematikan AC maka perintah putaran kipas radiator hanya berasal dari sensor suhu coolant, sehingga ketika kipas radiator berputar terus menerus pengguna sebaiknya curiga dengan sistem pendingin.

“Normalnya, suhu mesin akan turun dengan cepat bila memiliki sistem pendingin yang sehat, dengan demikian kipas akan segera berhenti berputar setelah mobil digunakan,” ucap Hardi.

Menyikapi kejadian tersebut, Hardi mengimbau kepada pengguna mobil untuk segera ke bengkel agar segera dilakukan pemeriksaan terkait sistem pendingin mesin.

Baca juga: Kipas Radiator Mobil Baru Berputar Bila AC Aktif, Amankah?

“Bisa jadi motor kipas sudah lemah, radiator pampat, ada kebocoran coolant dan lain sebagaianya, itu harus diperiksa secara objektif apa yang menyebabkan sistem pendingin bekerja tidak efektif,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com