Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bilang Ekosistem PHEV dan BEV Sudah Eksis di Kota Besar

Kompas.com - 17/05/2023, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia memastikan bakal menghadirkan seluruh jenis kendaraan listrik, yang mencangkup hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), sampai battery electric vehicle (BEV).

Dinamakan multi path-way strategy, langkah ini sebagai upaya Toyota untuk memperluas pasar elektrifikasi nasional sehingga seluruh lapisan masyarkat bisa ikut berpartisipasi dalam mengurangi emisi dan bahan bakar.

Hanya saja dalam beberapa waktu ke depan, agaknya perseroan bakal fokus ke kendaraan berteknologi hybrid atau HEV lebih dahulu. Sebab cakupan pasarnya lebih besar sampai ke berbagai wilayah.

Baca juga: Toyota Siapkan Varian GR pada Yaris Cross

Toyota Kijang Innova Zenix HybridDok. TAM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, sampai saat ini PHEV dan BEV baru bisa menjangkau kota-kota besar saja.

"Saya rasa, minimal di kota besar dan ini perlahan tapi pasti ekosistem bakal berkembang," katanya di Jakarta, Senin (15/5/2023) kemarin.

"Hasil (studi) yang kita pelajari dari Lexus atau premium Toyota itu, kebanyakan dari mereka (pemakai PHEV dan BEV) charging di rumah dan penggunaannya tak terlalu tinggi karena mereka punya mobil lain dan bukan yang pertama," ucap Anton.

"Melihat ekosistem tersebut BEV dan PHEV masuk minimal ke kota besar," kata dia lagi.

Baca juga: Ada Hewan Menyebrang di Jalan Raya, Apa yang Mesti Dilakukan?

Toyota bZ4xKompas.com/Nanda Toyota bZ4x

Selain itu, Anton mengatakan, segmen kelas B atau dengan tingkat kemampuan belanja Rp 300 juta sampai Rp 400 jutaan di Indonesia sangatlah besar yaitu mencakup 70 persen dari total pasar otomotif.

Sehingga, peluang tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal guna dapat mendorong ekosistem kendaraan listrik. Apabila terlambat, pasar bisa jenuh atau diisi pemain lain.

"Tujuan kita di midterm elektrifikasi dapat mencapai 20 persen (market share), termasuk PHEV dan BEV. Jadi kita akan terus menambah hybrid dan BEV dan mudah-mudahan di midterm kita bisa ke sana," ucap Anton.

Baca juga: Toyota Percepat Pengembangan Mesin Hidrogen, Fokus di Kendaraan Niaga

All New Toyota Yaris Cross HybridTAM All New Toyota Yaris Cross Hybrid

Adapun saat ini, ada 7 model kendaraan elektrifikasi dengan merek Toyota di pasar dalam negeri. Namun produk PHEV dan BEV, masing-masing baru ada satu saja, yaitu Prius PHEV serta bZ4X.

Sisanya, Camry Hybrid, Corolla Cross Hybrid, C-HR Hybrid, Innova Zenix HEV, sampai yang paling baru dan sudah dirakit lokal, Yaris Cross Hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com