Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Lokal Yaris Cross Hybrid Tembus 80 Persen

Kompas.com - 15/05/2023, 16:20 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia resmi meluncurkan All New Yaris Cross untuk pasar di dalam negeri pada Senin (15/5/2023).

Berstatus world premiere, mobil yang juga punya varian elektrifikasi dengan teknologi hybrid ini diklaim sudah memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 80 persen.

Demikian dikatakan Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam konferensi persnya di Jakarta.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Yaris Cross Dijual Mulai Rp 300 Juta

Toyota Yaris CrossKompas.com/Nanda Toyota Yaris Cross

"Ini sudah diproduksi lokal. Jadi hybrid kedua kita setelah Kijang Innova Zenix dengan TKDN 80 persen," katanya.

Lebih jauh, Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menjelaskan nilai TKDN tersebut bisa besar karena berbagai komponen telah dirakit sendiri.

Hanya ada bagian besar yang masih impor yaitu baterai. Tapi komposisinya terbilang kecil karena kapasitas komponen itu kecil.

"Karena engine-nya sudah dibikin di sini, tinggal baterainya saja. Namun komposisi komponen tersebut cukup kecil ya," kata Bob.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Bidik Anak Muda Indonesia

Toyota Yaris Cross resmi diperkenalkan di Indonesia, Senin (15/5/2023)KOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota Yaris Cross resmi diperkenalkan di Indonesia, Senin (15/5/2023)

"Sebab sebagian dari baterai itu sudah kita localize seperti assembly cell pack baterai. Baterai diimpor dari Jepang," tambahnya.

Dengan hal tersebut, diharapkan pasokkan Yaris Cross Hybrid bisa memenuhi seluruh permintaan di pasar domestik.

Lebih lanjut, Yaris Cross Hybrid, menggunakan mesin 2NR-VEX dengan baterai lihium ion yang motor listriknya berdaya 59 kW dan torsi 141 Nm.

Yaris Cross dipasarkan di kisaran Rp 300 juta sampai Rp 400 juta dengan tiga varian dan dua pilihan mesin yaitu tipe G, S, dan GR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com