Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Akan Luncurkan Mobil Sport Listrik pada 2026

Kompas.com - 12/05/2023, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama beberapa tahun ke depan, Toyota Motor Corporation (TMC) akan mendorong produksi mobil listrik. Pada 2026, Toyota juga akan meluncurkan mobil sport elektrik ke publik.

Dikutip dari Autoindustriya.com, Kamis (11/5/2023), rencana tersebut dibeberkan dalam laporan finansial tahun fiskal 2023. Selain mobil sport listrik, akan diluncurkan juga IMV BEV dan dua kendaraan listrik mewah.

Baca juga: Buntut Skandal Tes Tabrak, Toyota Tahan Penjualan Vios

Rencana Toyota untuk meluncurkan mobil listrik baru hingga 2026Dok. Toyota Rencana Toyota untuk meluncurkan mobil listrik baru hingga 2026

Namun, belum diketahui dengan pasti apakah mobil sport tersebut akan menggunakan merek Toyota atau Lexus. Sebelumnya, kedua pabrikan tersebut juga sudah memamerkan mobil konsepnya.

Mobil sport listrik Toyota dan Lexus yang masih berstatus mobil konsepDok. Autoindustriya.com Mobil sport listrik Toyota dan Lexus yang masih berstatus mobil konsep

Toyota dikabarkan akan meluncurkan mobil sport listrik dengan mesin tengah, yang digadang-gadang sebagai penerus MR2. Namun, hingga sekarang, Toyota belum membeberkan detail apa pun terkait mobil konsep tersebut.

Sementara Lexus, sudah memamerkan Electrified Sport Concept. Ketua TMC Akio Toyoda  juga mengatakan bahwa mobil sport listrik buatan Lexus adalah generasi penerus dari mobil legendaris LFA.

Baca juga: Toyota bZ4X Jadi Mobil Resmi di KTT ASEAN 2023

Tidak seperti Toyota, Lexus sudah memberikan sedikit bocoran mengenai mobil sport listrik tersebut. Kabarnya, mobil sport ini akan memiliki sistem penggerak semua roda dengan setelan dual motor.

Mobil sport listrik Lexus yang masih berstatus mobil konsepDok. Lexus Mobil sport listrik Lexus yang masih berstatus mobil konsep

Lexus juga menyebutkan bahwa mobil sport listrik buatannya akan memiliki kemampuan akselerasi 0-100 kilometer per jam dalam waktu kurang dari 2 detik. Sementara jarak tempuhnya dapat mencapai lebih dari 700 kilometer.

Untuk membuat baterainya berukuran ringkas dan memiliki performa lebih baik, Lexus juga tidak akan menggunakan baterai lithium-ion, melainkan baterai solid-state.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com