Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dekat-dekat dengan Truk ODOL bila Bertemu di Jalan

Kompas.com - 10/05/2023, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk ODOL yang ada di jalan tol sebenarnya punya risiko kecelakaan yang tinggi. Ruas tol yang penuh dengan angin samping bisa dengan mudah membuat truk terguling.

Selain itu, kondisi jalan tol yang kadang bergelombang juga membuat truk mudah hilang kendali. Jadi, bisa dibilang truk ODOL bisa sangat berbahaya untuk kendaraan di sekitarnya.

Lalu bagaimana cara aman ketika pengemudi sedang ada di jalan tol dan bertemu dengan truk ODOL?

Baca juga: Kemelut Penerapan Kebijakan Penindakan Truk ODOL di Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana menjelaskan, saat bertemu truk ODOL di jalan tol, bisa difoto dan dilaporkan atau diunggah ke media sosial agar bisa viral. Tentunya, yang mengambil foto harus penumpang mobil, bukan pengemudi karena dilarang memegang ponsel saat sedang mengemudi.

Foto tersebut tentu bisa jadi bukti kalau masih ada truk ODOL berkeliaran di jalanan. Padahal pemerintah mencetuskan zero ODOL di tahun ini walau sepertinya molor lagi penerapannya.

"Kedua, jaga jarak dengan mereka untuk menghindari bahaya-bahaya akibat ODOL," ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (10/5/2023).

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu Tanda Kipas Radiator Mulai Melemah


Bahaya yang disebabkan ODOL maksudnya truk yang mudah terguling sampai hilang kendali. Tentu jika menjaga jarak aman, kejadian apapun yang terjadi pada truk bisa diantisipasi dengan baik.

"Ketiga, susul dengan hati-hati dan di kondisi yang terukur, bukan di tikungan, dan lihat limbungnya (truk)," kata Sony.

Truk ODOL biasanya under speed atau kecepatannya di bawah batas minimum. Jadi pastikan truk yang mau disalip ada di lajur kiri dan mendahuluinya harus dari kanan.

Kondisi jalan juga harus dilihat sebelum menyalip, pastikan tidak bumpy atau bergelombang, dan bukan di jembatan. Perhatikan juga keseimbangan truk karena rawan oleng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com