Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Otomotif Berperan Penting terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 09/05/2023, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelompok industri logam, mesin, alat transportasi atau otomotif, dan elektronika (ILMATE) kembali berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi nasional di Indonesia.

Berdasarkan keterangan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), kelompok ini mampu tumbuh 14,23 persen pada kuartal I-2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Capaian tersebut jauh melampaui kinerja ekonomi nasional yang bertumbuh 5,03 persen pada periode sama. Demikian dikatakan Sekretaris Direktorat Jenderal ILMATE Kemenperin, Yan Sibarang Tandiele.

Baca juga: 4 Tips Berkendara yang Benar supaya Mobil Kuat Menanjak

Tumbuh Gemilang, Sektor ILMATE Masih Jadi PrimadonaKemenperin Tumbuh Gemilang, Sektor ILMATE Masih Jadi Primadona

"ILMATE tetap menjadi kontributor utama dalam menopang pertumbuhan industri manufaktur di triwulan 1/2023 dengan kontribusinya mencapai 25,9 persen (yoy), meningkat 25,16 persen dari periode sebelumnya," kata dia, Senin (8/5/2023).

Secara rinci, hampir semua subsektor ILMATE tumbuh dua digit, dengan pertumbuhan terbesar di sektor industri alat angkutan yang melaju di angka 17,27 persen, diikuti industri logam dasar (15,51 persen), serta industri barang logam, komputer, barang elektronik, dan peralatan listrik (12,78 persen).

Yan menambahkan bahwa industri alat angkutan tumbuh moncer di atas pertumbuhan ekonomi nasional sejak triwulan II/2022.

Hal ini karena didorong oleh keberhasilan program insentif pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM-DTP) kendaraan roda empat yang mampu memberikan stimulus bagi peningkatan kinerja industri-industri pendukungnya, terutama yang bergerak di industri komponen otomotif.

Baca juga: Motor Bebek Kerap Seliweran di Jalur Offroad

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mengunjungi Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 di Jakarta, Kamis (15/4).Humas Kemenperin Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mengunjungi Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 di Jakarta, Kamis (15/4).

“Selain itu, pertumbuhan industri alat angkutan di triwulan I/2023 tumbuh signifikan dan berkontribusi sebesar 9,67 persen terhadap capaian industri pengolahan nonmigas, juga dipacu oleh peningkatan produksi kendaraan untuk memenuhi permintaan kendaraan baru menjelang lebaran serta peningkatan produksi kendaraan listrik," kata Yan.

Selanjutnya, performa industri logam dasar termasuk yang konsisten di atas pertumbuhan ekonomi nasional sejak tahun 2020.

Ini menunjukkan bahwa industri logam dasar adalah salah satu sektor yang mampu bertahan terhadap badai pandemi Covid-19 saat itu.

“Pada triwulan I/2023, pertumbuhan double digit di industri logam dasar karena didorong adanya lonjakan permintaan luar negeri terutama produk olahan bijih nikel seperti fero nikel, nikel matte, dan nikel pig iron," jelasnya.

Baca juga: Kloning Peugeot Django Asal China, Serupa dengan Fitur Melimpah

Pertumbuhan industri logam dasar ini sejalan dengan program pemerintah dalam menjalankan kebijakan hilirisasi industri untuk peningkatan nilai tambah bahan baku dalam negeri yang memiliki dampak yang luas bagi perekonomian nasional.

"Kami akan terus melakukan upaya meningkatan pertumbuhan industri manufaktur khususnya sektor ILMATE dengan kebijakan yang mendukung transformasi industri 4.0, meningkatkan daya saing, dan peningkatan produktivas industri seperti kebijakan green transportation melalui pengembangan kendaraan bermotor berbasis listrik dan hilirisasi industri," ujar Yan lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com