Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Bus Duta Wisata, Bus yang Kecelakaan Masuk Jurang di Guci

Kompas.com - 07/05/2023, 14:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telah terjadi kecelakaan rombongan bus Duta Wisata terperosok masuk ke jurang di wilayah Cempaka Wulung, Desa Rembul Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, Minggu (7/5/2023).

Peristiwa itu terjadi pada pagi hari pukul 08.00 WIB dan diduga disebabkan oleh rem blong.

Mohammad Romadon, Staf Posko Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PB PMI), menjelaskan laporan kronologi awal terkait kecelakaan tersebut.

“Betul, kejadiannya pukul 08.00 pagi tadi, dugaan awal karena rem blong,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/5/2023).

Baca juga: Kecelakaan Bus Masuk Jurang di Guci, Ini Pentingnya Cek Kondisi Rem

Sejumlah warga sekitar lokasi kejadian mengevakuasi penumpang bus besar yang mengalami kecelakaan masuk jurang di Objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Mei 2023.TRIBUN BANYUMAS/Istimewa Sejumlah warga sekitar lokasi kejadian mengevakuasi penumpang bus besar yang mengalami kecelakaan masuk jurang di Objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Mei 2023.

Dia menambahkan, kejadian bermula saat mobil memanaskan mesin bus di sekitar lereng jalan. Saat sedang dipanaskan, penumpang yang sebelumnya berada di luar kembali masuk ke dalam bus.

Mendadak bus meluncur maju dan terperosok ke jurang sungai Kaliawu. Laju bus tidak bisa tertahan karena diduga adanya indikasi rem blong.

Sejauh ini, belum ada laporan resmi terkait berapa jumlah korban kecelakaan dan bagaimana kondisi para korban.

Hanya saja, Romadon menjelaskan jika pihak PMI langsung memberikan penanganan dan membawa para korban ke puskesmas dan rumah sakit terdekat.

“Saat ini saya bersama tim bertugas sedang melakukan evakuasi korban kecelakaan bus,” ujarnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com