Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Naik Moge Tanpa Mengimbangi dengan Postur Tubuh

Kompas.com - 05/05/2023, 19:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor gede (moge) pada umumnya memiliki posisi jok yang cukup tinggi. Tentu hal ini akan menyulitkan bagi yang memiliki postur tubuh pendek.

Butuh keahlian dan banyak pengalaman untuk mengendarai moge. Apalagi, jika tempat duduk motornya tinggi dan kaki tidak menapak dengan sempurna.

Baca juga: Bahaya Moge cc Besar Pakai BBM Oktan Rendah, Bisa Kena Detonasi

Contohnya, seperti pada video yang diunggah oleh akun TikTok @joximei. Terlihat wanita mengendarai moge, tapi kakinya tidak bisa menapak sempurna, karena postur tubuhnya yang pendek.

@joximei Cute girl??????????#moto #motogirl #bikegirl #motorcycle #motorbike #motolife #bikelover #tiktok #fyp ? original sound - Ximei Jo

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ketika kita memilih motor yang paling aman menyesuaikan postur dengan tinggi sepeda motor.

"Agar berkendara kita bisa lebih nyaman, karena sepeda motor tidak dapat seimbang sendiri tanpa bantuan dari pengendara, terutama saat berhenti," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Syarat Insentif Konversi Motor Listrik, Bukan untuk Moge

Menurut Agus, ada situasi yang harus diperhatikan pengendara, seperti melewati jembatan kecil atau jalan sempit, yang kemudian membuat berhenti dan kaki dijadikan pijakan untuk menahan motor agar tetap berdiri.

"Jika kita lihat video tersebut memang kondisi jalannya bagus dan mungkin saja si pengendara sudah terbiasa. Namun, akan berbeda situasinya jika pijakan pada standar samping motor tersebut berada pada jalan yang tidak keras atau mungkin tidak rata," kata Agus.

Ilustrasi touring kendaraan motor besarZulfana K. Rijal Ilustrasi touring kendaraan motor besar

Apalagi, Agus menambahkan, beban moge terbilang cukup berat. Ketika kaki kita salah dalam berpijak saja bisa langsung hilang keseimbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com