Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi Anak Kecil Tergilas Mobil, Waspada Bahaya Blind Spot

Kompas.com - 05/05/2023, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang menunjukan pengemudi menabrak dan melindas anak kecil diunggah oleh akun Merekam Jakarta via Instagram.

Sang anak tergilas mobil karena masuk ke dalam titik buta atau blind spot dari pengemudi. Anak kecil itu duduk di dekat bumper depan jadi tidak terlihat dan tersenggol sampai tergilas mobil Toyota Innova.

Diketahui kejadian itu terjadi di Jalan Songsi Dalam RW 006, Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Senin (1/5/2023).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Menggoyang-goyangkan Mobil Saat Isi BBM Bisa Picu Kebakaran?

Kanit Laka Lantas Polres Jakarta Barat AKP Agus Suwito mengatakan, kecelakaan diduga karena pengemudi berinisial CA (19) tak melihat korban berada di depan mobil yang dikendarainya.

“Diduga pengemudi tidak melihat korban, yang mengakibatkan AFI mengalami luka pada bagian kepala, wajah tangan dan kaki,” ucap Agus, dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/5/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Merekam Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

 

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, kejadian seperti itu bisa jadi karena pengemudi lupa memastikan jalan yang dituju itu aman. Kondisi ini memang sering dan biasa dilupakan oleh pengemudi mobil.

“Ini si pengemudi tidak memastikan anak-anak menghindar dari jalan. Misalnya bisa dengan klakson atau membuka kaca sambil mengeluarkan kepala, meminta anak tadi minggir,” ucap Marcell.

Baca juga: Video Viral Atasi Bodi Mobil Penyok ala Damkar

Selain itu, pengemudi tadi bisa saja merasa kalau anak-anak tadi pasti minggir saat mendengar mesin mobil menyala. Tetapi, persepsi ini yang bisa membuat orang lupa untuk mengecek kondisi jalan di depannya sebelum menjalankan mobil.

“Kita harus persiapkan yang terburuk. Belum tentu semua anak melihat mobil tersebut keluar,” katanya.

Terakhir, Marcell juga mengingatkan, blind spot di depan dan belakang mobil merupakan penyebab celaka utama saat berjalan pelan. Jadi sebelum masuk ke mobil, sebaiknya cek kondisi di sekitar mobil dengan mengitarinya, melihat ada risiko bahaya apa saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com