Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atur Posisi Mengemudi Agar Tak Mudah Lelah Saat Berkendara

Kompas.com - 21/04/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Setelah melewati perjalanan panjang mudik ke kampung halaman, pengendara baiknya melakukan sedikit evaluasi agar perjalanan pulang nanti bisa lebih nyaman.

Banyak orang bisa mengemudikan mobil lantaran bisa dengan sendirinya, hanya dengan praktik secara mandiri. Namun ternyata, ada metode-metode khusus untuk mempermudah mengemudikan mobil.

Posisi mengemudi diatur agar berkendara lebih aman, nyaman, dan tidak mudah lelah. Maka dari itu, ada baiknya mengetahui seperti apa posisi mengemudi yang baik dan benar itu.

Baca juga: Pemudik Harus Berkendara Rendah Risiko untuk Memperkecil Fatalitas Kecelakaan

Jarak aman berkendara di jalan tol harus diperhatikan ketika kondisi hujanDicky Aditya Wijaya Jarak aman berkendara di jalan tol harus diperhatikan ketika kondisi hujan

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, posisi mengemudikan mobil harus benar agar berkendara menjadi aman dan nyaman.

“Pertama, atur sudut sandaran tempat duduk sehingga dapat duduk dengan tegak dan tidak perlu membungkuk saat mengendarai, pastikan dapat menekan pedal dengan sepenuhnya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (21/4/2023).

Ibrohim mengatakan, posisi tersebut akan membuat pengemudi lebih mudah nyaman dan aman dalam mengemudikan mobil.

Baca juga: Tips Berkendara Aman Saat Mudik Lebaran

Selain itu, pastikan posisi lengan pengendara sedikit menekuk ketika menggenggam roda kemudi. Posisi tersebut merupakan posisi terbaik dalam memutar setir agar lebih leluasa.

Pengemudi juga sebaiknya mengatur tinggi sandaran kepala, tujuannya agar dapat diletakkan dengan pas.

“Kunci sandaran kepala di tempatnya dengan bagian tengah sandaran kepala sejajar dengan bagian atas telinga, posisi tersebut yang paling nyaman dan sesuai dengan kerja pretensioner bila sedang bekerja akibat benturan kecelakaan,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Tips Aman Berkendara Saat Mudik di Bulan Puasa

Test Drive Hyundai Stargazer Malang, BatuHMID Test Drive Hyundai Stargazer Malang, Batu

Selanjutnya, Ibrohim juga mengatakan, pengemudi mengenakan sabuk keselamatan dengan benar, sesuai petunjuk yang ada. Sehingga, sabuk keselamatan dapat bekerja dengan baik dan tidak mencederai pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com