Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Macet, Jasa Marga Tambah Lajur Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 21/04/2023, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Lebaran 2023, PT Jasa Marga (Persero) telah merampungkan konstruksi penambahan kapasitas lajur dari yang sebelumnya 3 lajur menjadi 4 lajur pada kedua arah di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Penambahan lajur tersebut mulai dari Km 50 sampai dengan Km 66 arah Cikampek. Kemudian untuk arah sebaliknya pelebaran 1 lajur dari Km 61 sampai dengan Km 50 arah Jakarta sehingga dapat menampung lalu lintas kendaraan pemudik yang menuju arah timur Pulau Jawa.

Selain penambahan lajur di Jalan Tol Jakarta - Cikampek, Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya telah melakukan penambahan lajur ruas Tol Tangerang - Merak, seksi Cikande-Serang Timur KM 52+400 s.d. KM 72+000 (19,6 km) arah A dan B (Arah Merak dan Arah Jakarta).

Baca juga: Aprilia Antisipasi Konflik Antara Kedua Pebalapnya

Kemudian penambahan lajur ruas Tol Cikampek - Palimanan jalur A (Arah Cirebon) dan jalur B (Arah Jakarta) di depan TIP km 86, 102, dan 130 Jalan Tol sepanjang ±1,5 km, serta melakukan penambahan tapper sepanjang 1 km di junction pertemuan Ruas Jalan Tol Cisumdawu – Cipali.

GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Subakti Syukur mengatakan, persiapan mendukung arus mudik lebaran sudah cukup matang dan penyediaan prasarana oleh Kementerian PUPR sangat baik mendukung kami khususnya yang ada di Jalan Tol Jakarta - Cikampek yakni adanya pelebaran lajur.

"Dalam hal ini kami Jasa Marga belajar dari pengalaman pelaksanaan arus mudik di tahun lalu sehingga tahun ini dengan adanya pelebaran lajur tersebut perjalanan mudik masyarakat bisa semakin lancar baik arus mudik maupun arus balik nanti," ujar Subakti, dikutip dari keterangan resmi, Jumat (21/3/2023).

Baca juga: Kembali Marak Peredaran Oli Palsu, Begini Cara Membedakannya

Untuk mendukung arus mudik lebaran 2023, juga terdapat 11 ruas jalan tol fungsional yang berada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera dengan total panjang 222 Km.

Selain itu dilakukan juga pengaturan manajemen lalu lintas akses masuk dan keluar Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) dengan pemberlakuan pelarangan dan penertiban parkir kendaraan di area akses masuk dan keluar TIP dengan maksimal waktu penggunaan rest area oleh pemudik yakni hanya 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com