Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban Daihatsu Soal Kepastian Rocky Hybrid di Indonesia

Kompas.com - 10/04/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim masih melakukan studi soal SUV elektrifikasinya untuk pasar Indonesia, yakni Rocky Hybrid.

Marketing Director dan Director Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani mengatakan, studi masih terus dilakukan sampai saat ini.

"Untuk riset masih terus berlanjut. Kapannya, ditunggu saja," kata Agung kepada beberapa media beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca juga: Jadwal, Waktu, dan Lokasi Contraflow Arus Mudik dan Balik Lebaran

Saat ditanya riset apa saja yang sedang dilakukan Daihatsu terkait pertimbangan meluncurkan Rocky Hybrid untuk pasar Indonesia, Agung menjelaskan, ada beberapa faktor dan paling utama terkait masalah teknologi.

Daihatsu Rocky Hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Rocky Hybrid atau Rocky Series Hybrid menggunakan teknologi hibrida seri. Mesin konvensional pada mobil ini berfungsi sebagai generator untuk menyuplai energi ke baterai.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Daihatsu Rocky Hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Rocky Hybrid atau Rocky Series Hybrid menggunakan teknologi hibrida seri. Mesin konvensional pada mobil ini berfungsi sebagai generator untuk menyuplai energi ke baterai.

Faktor kedua adalah masalah efesiensi, dan yang terakhir soal karakteristik konsumen pembelinya nanti.

Menurut Agung, bila diluncurkan besar kemungkinan calon pembeli Rocky Hybrid bukan konsumen pemilik pertama alias first buyer.

"Konsumen yang hybrid itu rata-rata bukan first buyer, tapi mereka-mereka yang sudah aware terhadap emisi dan lingkungan. Lebih pada prilaku ramah lingkungan," kata Agung.

Sayang, meski sudah sempat dipamerkan dalam ajang pameran otomotif tahun lalu, bahkan bocor ketika melakukan pengujian di Indonesia, sampai saat ini belum ada gelagat dari Daihatsu meluncurkan Rocky hybrid.

Melihat dari spesifikasi yang ditampilkan, Rocky Hybrid hadir dengan mesin 1.198 cc tiga silinder. Mesin ini serupa dengan yang digunakan varian 1.200 cc konvensional di Tanah Air, tapi telah dikembangkan dengan kode WA-VEX.

Dapu pacunya mampu menghasilkan tenaga sebesar 82 tk pada 5.600 rpm dan torsi 105 Nm pada 3.200-5.200 rpm. Mesin tersebut juga berguna sebagai generator motor listrik AC Synchronous untuk menggerakkan roda Rocky Hybrid.

Baca juga: Bertahan dengan Model Lama, Kapan Daihatsu Terios Baru Meluncur?

Daihatsu Rocky Hybrid di ajang GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Rocky Hybrid di ajang GIIAS 2022

Berdasarkan data, motor listrik E1A yang digunakan mampu menghasilkan daya 78 Kw, atau setara 106 tk pada 4.372-6.329 rpm dan torsi 170 Nm dari 0-4.372 rpm. Bila digabung, tentu tenaganya lebih besar dari versi konvensional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com