Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Pengendara Motor Nyeberang Jalan yang Terendam Air

Kompas.com - 07/04/2023, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor menyeberangi melewati jembatan yang tergenang air sehingga tidak melihat jalan secara langsung.

Dalam video yang diunggah akun Twitter, Kodok Ijo, memperlihatkan keahlian pengendara tersebut saat melewati jembatan yang tidak kelihatan. Apalagi sebagian motor sebetulnya terendam air.

Baca juga: Produsen Pelumas Ini Perluas Jaringan Distribusi Penjualan di Indonesia

Bicara mengenai kestabilan berkendara, Jusri Pulubuhu Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) mengatakan, motor tidak kenal stabilitas.

 

Jusri mengatakan, istilah yang dipakai yaitu seimbang, berarti bobot di empat sisi biker, atas-bawah-depan-belakang, harus proporsional.

“Biker memerlukan beberapa faktor untuk seimbang. Motor harus ada pergerakan (kecepatan), harus selaras dengan jalan, kalau terlalu pelan bisa jatuh karena gravitasi,” kata Jusri beberapa waktu lalu.

Faktor lain untuk mendapatkan keseimbangan yakni dengan posisi berkendaranya ergonomis dan dinamis. Elemen dinamis berarti biker bisa bergerak bebas untuk menyeimbangkan kembali motornya apabila ada gangguan.

“Elemen faktor tadi harus terintgrasi dalam situasi apapun. Contoh kalo motor digoyang pembonceng, kan bisa bergerak ke kiri dan kanan. Nah ini yang harus dijaga,” jelas Jusri.

PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan 5 perwakilan instruktur safety riding untuk bersaing di ajang The 1st Asia & Oceania Safety Instructors Competition, di Honda Safety Riding Park, Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.Foto: AHM PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan 5 perwakilan instruktur safety riding untuk bersaing di ajang The 1st Asia & Oceania Safety Instructors Competition, di Honda Safety Riding Park, Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.

Baca juga: Bocor, Mitsubishi Xpander Hybrid Meluncur di Thailand Duluan

Kemudian mengenai batas aman menyeberang genangan air, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, sebelum melintas dipastikan terlebih dahulu ketinggian air tidak melebihi dari ujung knalpot sepeda motor.

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot sepeda motor masih aman melintas di lokasi yang banjir,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Endro juga mengatakan, sebaiknya pengendara meyakinkan terlebih dahulu apakah ruas jalan yang tergenang tersebut aman untuk dilewati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com