Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Toyota Yaris Tembus 10 Juta Unit di Dunia

Kompas.com - 04/04/2023, 03:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota baru saja mencatatkan sejarah dengan produksi Yaris yang tembus 10 juta unit di dunia. Tidak banyak model mobil yang bisa memiliki pencapaian tersebut.

Dikutip dari Carscoops.com, Senin (3/4/2023), Toyota Yaris merupakan model keenam dari pabrikan mobil yang bisa mencapai produksi 10 juta unit di dunia. Jumlah tersebut dicapai pada tahun ke-25 Yaris dipasarkan.

Baca juga: Toyota Luncurkan Yaris Facelift, Makin Modern dan Canggih

Toyota Yaris telah lama menjadi pemimpin di segmennya dan langsung membekas di tahun 1998 ketika model pertama diluncurkan di Paris Motor Show. Model generasi pertama dinobatkan sebagai European Car of the Year pada tahun 2000 dan hatchback tetap populer di Eropa sejak saat itu.

Toyota Yaris Gazoo Racing (GR) Sport.DOK. Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Yaris Gazoo Racing (GR) Sport.

Bahkan, dari seluruh model Yaris yang terjual secara global, sebanyak 5.155.506 unit di antaranya telah terjual di Eropa. Selain itu, Yaris menyumbang lebih dari sepertiga dari total penjualan Toyota di Eropa pada 2022.

Model generasi pertama bertahan hingga tahun 2005 ketika dirombak dengan versi yang serba baru. Ukuran mobil bertambah untuk generasi keduanya dan awalnya ditawarkan dengan tiga pilihan mesin.

Baca juga: Kemungkinan Toyota Indonesia Produksi Yaris Cross Hybrid

Toyota kemudian benar-benar meningkatkan permainannya dengan Yaris generasi ketiga. Model baru ini adalah yang pertama di kelasnya yang menawarkan opsi powertrain full hybrid.

Toyota Yaris Hybrid di Geneva Motor Show 2015Agung Kurniawan/KompasOtomotif Toyota Yaris Hybrid di Geneva Motor Show 2015

Ukurannya juga bertambah dan melahirkan model jalan raya pertama dari Toyota Gazoo Racing, yakni Yaris GRMN. Kemudian, diikuti lagi dengan peluncuran GR Yaris.

Untuk pasar Indonesia, Yaris pertama kali dipasarkan pada 2006. Model tersebut masih terus diminati dan bertahan hingga sekarang. Diawali dengan impor secara utuh dari Thailand, Yaris akhirnya diproduksi secara lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com