Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Belum Mau Rakit Lokal Mobil Listrik, Fokus Kembangkan Hybrid

Kompas.com - 30/03/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki kuartal kedua 2023, peminat mobil listrik di Indonesia semakin meningkat. Jumlah mobil listrik nampak di jalanan juga semakin banyak.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total mobil listrik yang didistribusikan dari pabrik ke diler alias wholesales sepanjang periode Januari-Februari 2023 mencapai 678 unit.

Walaupun pasar mobil listrik di Indonesia mulai berkembang, Toyota Astra Motor (TAM) mengaku belum berencana memperbesar pasar tersebut.

Anton Jimmi Suwandy, Direktor Pemasaran TAM menjelaskan, Toyota untuk saat ini akan tetap fokus pada pengembangan teknologi mobil hybrid.

“Belum ada pikiran untuk ke arah sana (produksi mobil listrik). Mungkin nanti, tapi bukan saat ini,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Baca juga: Adu Ganteng, Kia EV6 GT-Line Vs Hyundai Ioniq 5

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EVKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV

Menurut Anton, penghargaan yang didapat Innova Zeniz Hybrid beberapa waktu lalu bisa menjadi bukti untuk fokus pada pengembangan lini mobil hybrid.

Dia menambahkan, pengalaman panjang Toyota di sektor hybrid bisa membuka peluang akan hadirnya teknologi hybrid di segmen lain.

Berdasarkan riset terhadap popularitas dan minat konsumen terhadap Innova Zenix Hybrid, Anton yakin akan ada mobil-mobil hybrid lainnya dari Toyota untuk konsumen Indonesia.

“Saya rasa Innova Zenix Hybrid bukanlah mobil hybrid produksi lokal terakhir. Kedepannya kami akan memperkenalkan mobil hybrid baru di segmen-segmen yang cukup gemuk (populer),” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com