Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2023, 04:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Gurah mesin merupakan sebuah metode pembersihan kerak karbon yang ada di ruang mesin dengan bantuan cairan kimia khusus. Cara ini diklaim lebih efektif mengangkat kotoran yang dapat mengganggu proses pembakaran.

Pembakaran yang tidak sempurna ini akan membuat performa mesin menurun. Mulai dari tarikan menjadi tidak responsif hingga konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Lantas, apa tanda mobil perlu melakukan gurah mesin?

Baca juga: Catat, Ada Dampak Negatif kalau Terlalu Sering Gurah Mesin Mobil

Gurah mesin diklaim lebih efektif mengangkat kerak karbon di mesindok. OJC Gurah mesin diklaim lebih efektif mengangkat kerak karbon di mesin

Foreman Kia Bintaro Asrofi mengatakan, mobil yang memerlukan gurah mesin dapat ditandai dengan menurunnya performa mesin saat digunakan.

“Jika muncul tanda-tanda ini, sebaiknya mobil melakukan gurah mesin, pertama muncul suara mesin ngelitik, itu bisa menjadi tanda bahwa telah terjadi pembakaran tidak sempurna akibat kerak karbon,” ucap Asrofi kepada Kompas.com, Sabtu (25/3/2023).

Dia mengatakan suara ngelitik biasanya muncul saat mobil sedang akselerasi pelan atau pun spontan.

“Suaranya berupa ketukan kecil seperti papan keyboard saat digunakan, dia bersembunyi di balik suara deruman mesin ketika putaran mesin beranjak naik, suara ngelitik bisa juga timbul ketika mobil menanjak, begitu ditambah gas biasanya suaranya timbul,” ucap Asrofi.

Baca juga: Gurah Mesin, Baiknya Langsung Pakai Busi Baru atau Lama?

Selain suara ngelitik, Asrofi mengatakan mobil yang perlu dilakukan gurah mesin akan memunculkan gejala tarikan mesin berat.

“Kecepatan kendaraan tidak lekas naik, seperti biasanya padahal putaran mesin sudah dipacu tinggi, itu bisa menjadi tanda mobil perlu gurah mesin, meski ada kemungkinan lain dari transmisi yang bermasalah,” ucap Asrofi.

Ada juga gejala lain ketika mesin sedang dilakukan proses pembongkaran, yaitu berupa penampakan kerak karbon di bagian tertentu.

Baca juga: Mengenal Perawatan Gurah Mesin untuk Mobil

“Kerak karbon biasa menumpuk di busi, saluran masuk, katup masuk dan permukaan piston bagian atas, itu bisa dilihat dengan menyinari lubang busi dengan senter, jika kerak sudah menumpuk sebaiknya dilakukan gurah mesin,” ucap Asrofi.

Jadi, ada beberapa tanda bahwa mobil Anda sudah waktunya melakukan gurah mesin demi meningkatkan performa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com