Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Google, Korlantas Siap Update Informasi Arus Mudik Lebaran

Kompas.com - 09/03/2023, 10:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama Google, Korlantas Polri menggelar rapat koordinasi dan kerja sama terkait pelayanan informasi menjelang libur arus mudik Lebaran 2023.

Sejumlah informasi yang dimiliki Korlantas Polri selama masa libur arus mudik Lebaran, akan tersambung ke Google Maps. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat dengan mudah mengetahui kondisi terkini.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, kerja sama pelayanan informasi ini yang kedua setelah sukses pada kolaborasi yang pertama di libur mudik Lebaran tahun lalu.

Baca juga: Awas Macet, Mobil dan Motor Diprediksi Mendominasi Mudik 2023

"Nanti ada penambahan pada fitur seperti pos pengamanan, pos pelayanan, rest area mudah-mudahan masyarakat bisa menggunakan dengan baik. Ini memudahkan juga bagi kami stakeholder terkait," ucap Eddy dalam keterangan resmi yang disitat dari situs resmi Korlantas Polri, Rabu (8/3/2023).

Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pemerintah mencatat terdapat lonjakan pemudik di berbagai moda transportasi, salah satunya di jalan tol yang mencapai 6000 kendaraan per jam pada H-2 Lebaran.ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZAR Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pemerintah mencatat terdapat lonjakan pemudik di berbagai moda transportasi, salah satunya di jalan tol yang mencapai 6000 kendaraan per jam pada H-2 Lebaran.

Dengan adanya kerja sama ini, Eddy berharap masyarakat bisa merencanakan dengan baik perjalanan mudik Lebaran, baik yang menggunakan jalan tol maupun non tol.

Lebih lanjut Eddy juga mengatakan, beberapa cara bertindak atau rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan selama masa arus mudik akan dimasukan dalam fitur Google Maps.

"Jadi cara bertindak kita seperti pengalihan arus, buka tutup, contraflow atau one way memudahkan masyarakat dan aman nyaman melalui ruas jalan tersebut," ucapnya.

Baca juga: Ada Insentif Kendaraan Listrik, Apakah Jalanan Tambah Macet?

Selanjutnya, Korlantas Polri juga akan memberikan informasi kondisi lalu lintas terkini kepada Google Maps agar masyarakat dapat mengakses langsung informasi.

Galuh Rohmah, Strategic Partnerships Manager Geo, Google Maps Indonesia mengatakan, mudik tahun ini diprediksi meningkat dibanding tahun lalu menjadikan user Google Maps sebagai prioritas.

Penanda Jalan yang Memberitahukan Ditutupnya Simpang Susun (SS) di Cawang, Jakarta Timur arah Cikampek pada Jumat (6/5/2022). Penutupan tersebut menyusul diskresi dari kepolisian untuk memberlakukan one way dari ruas Tol Jakarta-Cikampek menuju ruas Tol Dalam Kota. (Dok.Jasamarga). Joy Andre T Penanda Jalan yang Memberitahukan Ditutupnya Simpang Susun (SS) di Cawang, Jakarta Timur arah Cikampek pada Jumat (6/5/2022). Penutupan tersebut menyusul diskresi dari kepolisian untuk memberlakukan one way dari ruas Tol Jakarta-Cikampek menuju ruas Tol Dalam Kota. (Dok.Jasamarga).

"Kolaborasi yang kami harapkan dari Korlantas Polri adalah data-data apa saja yang akan kami share agar membantu masyarakat lewat Google Maps. Harapannya, user dapat bersabar untuk memastikan data yang update agar mendapatkan data untuk mudik aman dan nyaman," ucap Galuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com