Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Akui Cederanya Selama Ini Buah Kesalahan Sendiri

Kompas.com - 26/01/2023, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengungkap beberapa insiden besar yang ia alami selama berkarier di kelas tertinggi balap roda dua. Curhat Marquez ini diungkap dalam dalam sebuah biografi terbaru Marc Marquez bertajuk "All In: Marc Marquez".

Biografi ini merupakan hasil kolaborasi Marquez dengan majalah fashion dan sport terkenal GQ, yang kabarnya dirilis pada Februari 2023.

Salah satu yang menarik adalah pengakuan Marquez soal cedera panjangnya sejak 2020 lalu hingga sekarang, yang merupakan akibat kesalahannya sendiri.

Baca juga: Suzuki Pamer Siluet SUV Mirip Grand Vitara, Siap Meluncur Bulan Depan

Marc Marquez merayakan sepuluh musim bersama RepsolDok. Repsol Media Marc Marquez merayakan sepuluh musim bersama Repsol

Marquez awalnya mengalami kecelakaan parah pada balapan pertama di Sirkuit Jerez, dan memaksanya melakukan operasi untuk pemulihan.

Tapi, Marquez tiba-tiba kembali ke seri kedua untuk menjalani balap. Setelah sempat memaksakan diri, Marquez akhirnya mundur karena cederanya terasa parah, dan akhirnya malah mundur hingga akhir musim.

Marquez menjalani beberapa kali operasi lagi, namun kondisi fisiknya tak pernah menjadi 100 persen. Sampai akhirnya menjalani operasi keempat kalinya di pertengahan musim 2022.

Baca juga: Honda Jazz Facelift Meluncur, Tampang Lebih Sporty

Pebalap kelahiran 1993 ini pun tersadar bahwa fisik adalah yang utama, untuk bisa menjalani sebuah kompetisi.

"Jika kau tak memperhatikan tubuhmu, kau tak bisa menjalani olahragamu. Kejadian Jerez terjadi karena mental dan ambisiku," ujar Marquez, disitat dari laman Revistagq (25/1/2023).

Setelah menjalani pemulihan selama tiga tahun, Marquez sempat diminta sang kakek untuk pensiun dari MotoGP.

Baca juga: Begini Sistem Gaji Kondektur di Bus AKAP

Pebalap Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjajal Sirkuit Mandalika, NTB, Jumat (18/3/2022). Marquez gagal berkompetisi di Mandalika karena cedera. AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjajal Sirkuit Mandalika, NTB, Jumat (18/3/2022). Marquez gagal berkompetisi di Mandalika karena cedera.

"Tapi kubilang padanya, 'aku berjanji operasi ini adalah yang terakhir, tapi biarkan aku untuk mencobanya'," ucap Marquez.

Beruntung operasi keempat Marquez berjalan sukses. Lengannya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Hanya saja, pebalap ini sadar kondisinya takkan 100 persen pulih seperti sedia kala.

"Tujuannya adalah melihat diriku pada balapan pertama di bulan Maret mendatang. Lalu aku akan tahu apakah lengan ini bisa 100 persen, namun tentu takkan 100 persen sehat lagi," ucap Marquez.

"Tapi kami harus mencoba mengejar titik itu di mana bisa berfungsi normal dan lengannya sempurna untuk mengendarai motor. Kupikir itu bisa, karena aku paham rasanya sudah berjalan dengan lebih baik," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.