Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Karet Wiper yang Bunyi Pasti Rusak?

Kompas.com - 21/01/2023, 11:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Wiper menjadi komponen untuk faktor visibilitas mengemudi di musim hujan. Pergantian karet wiper dilakukan biasanya tiap 6 bulan sekali. 

Pasalnya, karet wiper yang mengeras rawan menyebabkan kaca buram. Air yang menempel di bagian kaca pun susah dibersihkan, dan meninggalkan noda bercak. 

Banyak cara yang dilakukan untuk menghindari wiper rusak, salah satunya adalah mengangkat wiper saat parkir dibawah terik matahari. 

Meskipun demikian, Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, wiper yang berbunyi berisik berarti sebagai pertanda karet wiper telah mengeras. 

"Wiper sebelum 6 bulan bisa rusak. Sering ada bunyi kasar, wiper mengeras karena sering parkir dijemur. Kaca dan wiper bergesekan langsung," kata Syafruddin. 

Baca juga: Mitos atau Fakta Kaca Mobil Rawan Pecah Tanpa Kaca Film?

Karet yang getas tersebut lama-lama akan menyisakan bekas goresan di kaca yang membandel. Hampir mirip seperti jamur kaca. 

Model wiper frameless Dicky Aditya Wijaya Model wiper frameless

Tapi, kata Syafruddin, perawatan karet wiper yang mengeras bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan kaca agar tak semakin parah. 

Ia pun menyarankan, untuk rutin melakukan pembersihan wiper dan kaca dari kotoran seperti butiran pasir dan debu. 

"Pasir yang menempel membuat goresan parah. Kaca menjadi buram. Sebaiknya saat mencuci mobil, karet wiper bisa dibersihkan khusus, dilap, dan dikeringkan," tuturnya. 

Baca juga: Cara Sederhana Hilangkan Bunyi pada Karet Wiper

Kepala Bengkel Honda Gajah Mada Semarang Nanang mengatakan, tergantung kondisi fisik komponen. Wiper dapat dilakukan pergantian bila ada dua pertanda, yaitu ada bekas goresan di kaca dan tidak bersih untuk membersihkan air. 

Ilustrasi kaca mobil berembun Dicky Aditya Wijaya Ilustrasi kaca mobil berembun

"Goresan di kaca itu tanda karet rusak. Air yang membekas berarti wiper mobil tidak berfungsi," ucapnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com