Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2023, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan riding gear yang penting ketika sedang berkendara. Fungsi utama dari helm adalah melindungi kepala dari cedera parah ketika terlibat kecelakaan.

Memiliki fungsi yang penting, helm juga perlu dirawat agar membuat pengendara nyaman. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan pemiliknya adalah dengan mencuci, poles, sampai coating.

Coating memang bisa dibilang tren baru soal merawat helm. Biasanya, coating atau melapis bagian cat bodi dengan cairan khusus dilakukan pada motor dan mobil.

Baca juga: Perawatan Detailing buat Motor dan Helm

Membersihkan helm.Motorcycle Membersihkan helm.

Lalu apa manfaat dari coating helm?

Christopher Sebastian, CEO Hydrophobic Lab mengatakan, helm yang di-coating memiliki tampilan luar yang tampak baru dan segar kembali.

"Dilapis dengan sapphire coating, membuat helm menjadi tahan goresan karena seperti ada lapisan proteksi yang kuat," ucap Christopher kepada Kompas.com, Minggu (15/1/2023).

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan, Ini Aturan Lengkap & Persyaratannya


Selain tampilannya yang segar dan diproteksi, coating juga memberikan manfaat anti jamur dan ada efek daun talas. Jadi ketika dipakai hujan-hujanan, air tidak menempel ke bagian visor maupun batoknya.

"Air bisa mengganggu pandangan pengendara dan kualitas stiker yang ada di helm. Jika di-coating, maka tampilan helm terjaga atau tidak mudah kusam," ucap Christopher.

Selain bagian luar, servis coating helm dari Hydrophobic Lab juga memberikan cairan antiseptik pada bagian dalam sehingga menjaga kesehatan rambut dan kepala penggunanya.

"Coating helm biayanya Rp 100.000 sampai Rp 150.000, tergantung jenisnya," ucap Christopher.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.