Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cat Pelek Motor Sehari Jadi, Harga Mulai Rp 250.000 Sepasang

Kompas.com - 13/01/2023, 14:41 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Para pemilik motor yang bosan dengan tampilan kendaraannya, mungkin bisa mengganti cat pelek motor dengan warna-warna yang menarik. Sebab hanya dengan mengganti warna pelek, tampilan motor secara keseluruhan juga bakal terdongkrak.

Seperti yang dilakukan Surya Painting, bengkel cat di kawasan Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat. Menariknya, bengkel ini melayani pengecatan pelek motor bisa ditunggu.

Tak seperti bengkel cat pada umumnya yang memakan waktu beberapa hari. Di Surya Painting, pengecatan pelek motor diklaim selesai hanya satu hari, bahkan bisa dalam 4 jam saja.

Baca juga: Karoseri Laksana Luncurkan Bus Baru Pesanan PO Sahaalah

Sejumlah motor datang ke bengkel cat pelek motor Surya Painting di Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Sejumlah motor datang ke bengkel cat pelek motor Surya Painting di Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat.

“Jadi kenapa di sini cepat? Karena tiap pos ada operatornya. Karena kami bekas engineering painting, prinsip dasar kami proses yang biasa di pabrik, kami taruh di bengkel. Jadi ini pengalaman mengecat di pabrik, dalam sebuah bengkel,” ujar Martin Surya, pemilik bengkel cat Surya Painting, kepada Kompas.com (13/1/2023).

Surya mengklaim, kapasitas bengkel dalam kondisi normal bisa mengecat sampai 80 pasang pelek. Adapun rata-rata jumlah pelek yang dikerjakan sehari sekitar 30 pasang pelek.

“Biasanya sepasang pelek memakan waktu sekitar 4 jam. Jadi saat datang di awal kita daftar, lalu ada mekanik yang melakukan proses bongkar. Setelah itu ada mekanik lagi yang datang untuk membongkar cakramnya,” ucap Martin.

Baca juga: Mantan Petinggi Daihatsu Mulai Pimpin Diler Chery

Usai dilakukan pembongkaran, pelek dicuci dan diamplas, sambil proses persiapan sebelum cat. Operator juga melakukan pembersihan kedua, agar cat bisa menempel maksimal.

“Pembersihan kedua menggunakan wash bensin, untuk bersihkan sisa aspal, kotoran minyak, grease, dan lain-lain. Karena kalau pakai sabun saja, catnya masih kurang nempel,” tutur Martin.

Setelah persiapannya selesai, pelek konsumen masuk masuk ke spray booth. Di sana sudah menanti 4 orang yang mengerjakan epoxy, cat dasar, clear atau finishing, dan satu lagi mixing, khususnya untuk warna Candy, Bunglon, dan Stabilo.

Baca juga: Hyundai Santai Tanggapi Isu Banyak yang Tunda Beli Mobil Listrik

Ilustrasi proses cat pelek motorKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi proses cat pelek motor

“Setelah dari spray booth, masuk ke setting room. Di sini pelek didiamkan 30 menit, untuk show off ke konsumen seperti apa jadinya, termasuk juga diangin-anginkan. Kemudian melewati oven, dan pelek pun bisa dipasang ke motor,” kata Martin.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.