Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2023, 12:12 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Kaca film dijadikan sebagai lapisan khusus untuk menolak hawa panas akibat paparan sinar matahari. Oleh karena itu, suhu kabin mobil tetap terjaga dan sirkulasi AC juga berjalan normal guna mempercepat pendinginan.

Selain keseimbangan suhu di dalam kabin, kaca film juga sebagai privasi agar barang-barang berharga tak bisa dilihat langsung dari bagian luar. 

Meski banyak manfaat, pemasangan kaca film tetap ada aturannya. Karena berhubungan keamanan pengemudi saat berkendara. 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, kaca film mobil yang bagus memberikan perlindungan dari panas cahaya matahari dan privasi dari risiko tindak kejahatan. 

"Dua hal yang terpenting, aman dari sinar matahari yang memantul ke dalam kabin. Suhu kabin tetap stabil. Risiko pencurian juga dapat dicegah, barang-barang berharga apapun kan di kaca yang terang, membuat gerak-gerik para pelaku  kejahatan makin cepat," ucap Sony. 

Baca juga: Cara Hitung Jarak Aman 2 Detik Saat Naik Motor

Kaca film yang aman digunakan untuk berkendara di siang dan malam hari adalah kaca yang tampak gelap dari bagian luar, namun pandangan di dalam kabin tetap jelas, walaupun kondisi minim cahaya. 

Pemilihan kaca film yang terlalu gelap, feeling dan reaksi merespon bahaya dari bagian depan dan samping menjadi sangat buruk. Risiko pengemudi tak mengenali adanya obyek-obyek yang mengancam akan langsung terjadi. 

Visibilitas kaca depan mobilKompas.com Visibilitas kaca depan mobil

Hal itu akan begitu fatal terutama saat malam hari. Sony mencontohkan, bila melaju kecepatan sedang hingga tinggi kemudian pengemudi terkejut melihat sesuatu, ada risiko parah, yaitu terkejut dan secara tiba-tiba menginjak pedal rem. 

"Rem mendadak enggak tau di belakang ada kendaraan lain yang melaju kecepatan tinggi, akhirnya tabrakan beruntun. Kan, feel-nya dari kabin jarak pandang rendah, kondisi luar tak terdeteksi. Respon dan feeling berkendara buruk dan bisa menyebabkan microsleep. Mata sering kali lelah karena faktor cahaya," kata Sony. 

Pemilihan kaca film dilakukan secara selektif, hal tersebut juga termasuk untuk mencegah aksi kriminalitas di jalan terutama saat malam hari. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.