Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2023, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor zaman sekarang pada umumnya sudah mengadopsi teknologi injeksi. Teknologi ini bisa dikatakan sangat bergantung pada battery atau accu (aki).

Maka dari itu, penting bagi setiap pemilik sepeda motor untuk mengetahui batas minimal tegangan aki. Hal ini agar sistem kelistrikan pada sepeda motor dapat tetap bekerja secara optimal.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman mengatakan, untuk beberapa jenis sepeda motor terbaru, pemilik kendaraan dapat memonitor kondisi baterai hanya dengan melihat lampu indikator.

Baca juga: Catat Harga Tiket Bus AKAP Jakarta–Yogyakarta Januari 2023

“Saat kunci kontak diputar ke On dan lampu indikator aki menyala berwarna kuning, artinya kualitasnya sudah kurang baik. Sementara jika berwarna merah, artinya aki sudah rusak atau tegangan akinya sudah terlalu rendah dan sistem elektrik starter sudah tidak bisa dijalankan,” ucap Ade, belum lama ini.

Sementara bagi sepeda motor yang belum dilengkapi dengan lampu indikator aki, untuk mengetahui kondisi aki dalam keadaan normal atau tidak, pemilik kendaraan harus melakukan pemeriksaan menggunakan alat khusus seperti avometer.

Aki motor diukur dengan avometerDok. DAM Aki motor diukur dengan avometer

Adapun bagi Anda yang sedang berencana membeli aki motor dan mencari daftar harganya, tim redaksi Kompas.com sudah menyiapkan harga aki motor per Januari 2023.

Sebagai informasi, saat ini banyak aki dari berbagai merek yang dijual di pasaran. Namun, pemilik kendaraan harus berhati-hati, sebab biasanya ditawarkan dalam harga murah, tapi kualitas tidak terjamin. Selain kurang awet, aki tersebut bisa berpotensi merusak kelistrikan.

Untuk itu, sebaiknya pemilik kendaraan roda dua membeli aki asli yang disediakan di bengkel resmi dan terpercaya.

Baca juga: Hitung Biaya Pelihara Chery Tiggo 8 Pro Sampai Lima Tahun

Berikut kisaran harga aki motor per Januari 2023, yang sudah tim redaksi siapkan untuk Anda:

Harga aki untuk Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Honda Megapro, Yamaha RX-King, Honda NSR 150, Honda Supra, Yamaha Jupiter, Suzuki Thunder, Suzuki Shogun Piaggio ET4, Kawasaki Binter Merzy

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.