Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bedanya Gasket Kepala Silinder Standar dan Racing

Kompas.com - 01/01/2023, 18:31 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dalam memodifikasi mobil harian menjadi mobil balap atau mobil kencang, ada beberapa hal yang perlu diubah. Salah satunya adalah gasket kepala silinder.

Komponen ini terletak di antara blok mesin dan kepala silinder berupa lempengan yang berfungsi sebagaia perapat.

Seperti yang diketahui, antara kepala silinder dan blok mesin merupakan tempat terjadinya tekanan kompresi yang tinggi karena terdapat ruang bakar. Maka dari itu butuh gasket yang kuat untuk menjaga kompresi mesin tidak bocor.

Baca juga: Camshaft Khusus untuk Mesin Mobil Modifikasi

Blok mesin modifikasi dengan piston khususKompas.com/Erwin Setiawan Blok mesin modifikasi dengan piston khusus

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio mengatakan mobil-mobil modifikasi membutuhkan gasket khusus karena tekanan kompresi di dalam mesin sudah dibuat lebih tinggi dari standarnya.

Gasket kepala silinder berada di antara blok mesin dan kepala silinder sebagai perapat, sehingga kompresi mesin tetap optimal, selain itu gasket ini juga menjaga agar oli dan air pendingin tidak tercampur,” ucap Rio kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan berhubung gasket kepala silinder bertugas cukup berat, maka untuk mesin-mesin modifikasi perlu dipasang gasket khusus.

Baca juga: Butuh Piston Khusus untuk Modifikasi Mobil Balap

ketebalan gasket silinderKompas.com/Erwin Setiawan ketebalan gasket silinder

“Gasket khusus mobil kencang ini didesain untuk bisa tahan terhadap kompresi mesin dan suhu yang tinggi dampak dari modifikasi yang dilakukan,” ucap Rio.

Dia juga mengatakan gasket kepala silinder racing yang dijual dipasaran disediakan dalam berbagai ukuran.

“Ukuran lebar dan panjangnya sama dengan yang standar, bahkan bentuknya sama persis, asal jenis mesinnya sama, yang membedakan hanya di ketebalannya, karena mesin modifikasi biasanya sudah mengalami berbagai rombakan,” ucap Rio.

Baca juga: Modifikasi Ekstrem Toyota Alphard Jadi Truk Pikap

Blok mesin modifikasi dengan piston khususKompas.com/Erwin Setiawan Blok mesin modifikasi dengan piston khusus

Dia mengatakan ketebalannya ini akan menentukan seberapa besar rasio kompresi pada mesin, semakin tipis gasket maka dapat menciptakan kompresi yang semakin tinggi.

“Ketebalan gasket ini harus sesuai dengan perhitungan modifikasi, jadi tidak boleh asal bisa membuat kompresi mesin yang tinggi, tapi perlu diperhitungkan limitnya guna menyelaraskan dengan komponen lainnya,” ucap Rio.

Dia mengatakan enaknya gasket racing bisa digunakan pada mesin berulang kali dan bisa digonta-ganti.

Baca juga: Unik! Modifikasi Honda Civic Estilo Berwajah Porsche 993

“Meski sudah pernah dipasang, gasket racing tidak akan rusak karena bahannya lebih awet, serta bentuknya tidak akan menjadi pipih karena pemasangan, kalau gasket standar biasanya bila sudah pernah dipasang maka bentuknya menjadi pipih,” ucap Rio.

Jadi, desain gasket kepala silinder racing memang berbeda dengan gasket kepala silinder standar, mulai dari ketebalannya, bahan serta ketahanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com