Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Libur Nataru ke Jakarta Diperkirakan Terjadi Sore Ini

Kompas.com - 01/01/2023, 07:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Posko Operasi Lilin 2022 Kombes Twedi Aditya Bennyahdi memprediksi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/23 ke wilayah Jakarta akan terjadi pada hari ini, Minggu (1/1/2023) mulai sore hari.

Berdasarkan data yang diterimanya, dikalkukasikan masih terdapat sebanyak 70.837 kendaraan yang akan melakukan mobilitas dan memenuhi berbagai ruas jalan ke Ibu Kota.

“Prediksi arus balik ke Jakarta dimungkinkan pada tanggal 1 Januari mulai sore hari sampai dini hari,” kata dia dilansir laman NTMCPolri, Sabtu (31/12/2022).

Baca juga: Jalan Tol Batang-Semarang Tergenang Banjir, Jasa Marga Lakukan Penanganan

Situasi arus lalu lintas jelang penutupan Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas jelang penutupan Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).

Pernyataan ini seiring dengan arus lalu lintas yang terjadi pada hari ketujuh Operasi Lilin 2022. Di mana, jelang penghujung tahun 2022 baru ada 1.905.000 kendaraan yang telah kembali ke Jakarta.

Sementara kendaraan yang keluar dari Jakarta, tercatat sebanyak 1.1600.000 kendaraan. Arus lalu lintas ini, didapat melalui empat gerbang tol (GT) utama yaitu Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip.

“Pantauan arus lalu lintas di hari ke tujuh operasi lilin 2022 dan penghujung tahun 2022 dalam menyambut tahun baru 2023 adanya peningkatan yang keluar dari Jakarta,” ucap Twedi.

“Bisa kita lihat kendaraan yang lebih banyak keluar itu menuju lokasi wisata atau ketempat keluarga,” kata dia lagi.

Baca juga: Menjelang Malam Tahun Baru 348.000 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Sejumlah petugas kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah petugas kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/12/2022).

Twedi menambahkan untuk pantauan kepadatan arus kendaraan di lokasi Wisata sendiri terjadi di Jawa Barat.

“Sampai pagi hari ini lokasi yang lebih banyak kepadatannya di daerah Jawa barat, pertama puncak Cisarua, kemudian seputaran Lembang dan setiabudi Bandung,” ujar dia.

Twedi menghimbau bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh keluar Jakarta atau masuk Jakarta untuk menjaga kesehatan fisik dan memastikan kesehatan kendaraan.

“Kami menghimbau jaga kesehatan fisik kemudian perhatikan dan pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik. Sehingga tidak menghambat perjalanan nanti diakhir tahun,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com