Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ganti Ban Pecah di Tengah Perjalanan Ada Aturannya

Kompas.com - 30/12/2022, 10:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Banyak masyarakat berpergian ke tempa wisata saat liburan tahun baru. Bahkan tak sedikit yang ke luar kota atau kembali ke kampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi.

Menempuh perjalanan jauh sudah tentu harus siap dengan segala risikonya. Salah satu yang sangat sering terjadi adalah kendala ban yang pecah dalam perjalanan.

Untuk mengatasi hal ini, sudah seharusnya pengendara menguasai teknik menganti ban sendiri. Apalagi bila terjadi di jalan tol atau di pelosok daerah. 

Khusus bagi pengendara yang masih awam, harus diperhatikan beberapa langkah sebelum melakukan pergantian ban secara darurat dalam perjalanan, yakni ;

Baca juga: Mau Ganti Ban Mobil, Apakah Harus Menunggu Sampai Botak?

  • Posisi Berhenti 

Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalanshutterstock Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalan

Pastikan saat berhenti darurat di jalan tol mobil berada di bahu jalan dan wajib menghidupkan lampu hazard. Setelah itu, sekitar 50 meter dari titik berhenti jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman. 

Fungsinya sebagai peringatan untuk pengguna jalan lainnya bila ada mobil yang mengalami kondisi darurat. 

Instruktur Training Center Nasmoco Bejo Agung Nugroho menjelaskan, berhenti saat keadaan darurat risikonya lebih besar, kuncinya tenang dan tak panik. Karena keputusan yang salah bisa menyebabkan kecelakaan fatal. 

Baca juga: Mau Touring Motor Saat Tahun Baru, Perhatikan Ini

"Tenang, fokus, dan konsentrasi, jangan gegabah untuk rem mendadak saat ban pecah. Baru, perlahan menepikan mobil ke bahu jalan, tool kit, dan safety equipment disiapkan, baru ganti ban yang pecah. Tapi, potensi bahaya dari kendaraan sekitar, beberapa detik sekali wajib di cek," ucap Bejo kepada Kompas.com, Jumat (30/12/2022). 

  • Dongkrak 

Tata cara dongkrak harus dipahami, ganti ban lebih mudah dan amanDicky Aditya Wijaya Tata cara dongkrak harus dipahami, ganti ban lebih mudah dan aman
Penggunaan dongkrak yang baik dan benar wajib dikuasai. Dari cara menyiapkan di bagasi hingga teknik aman untuk mengangkat bodi mobil. 

Saat mulai mendongkrak, jangan lengah untuk memperhatikan titik tumpu dan ketinggiannya. 

"Jangan sampai meleset, baut roda di kendurkan dahulu sebelum di dongkrak. Baru perlahan di angkat, saat posisi roda sudah tak menyentuh ke tanah, bisa dihentikan. Lalu, ban dilepaskan," tutur Bejo. 

  • Buka Baut 

Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.afroautos.com Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.

Membuka baut roda harus dilakukan secara berlahan, karena torsinya mempunyai tingkat kekencangan sesuai spesifikasi pabrikan. 

Harus hati-hati untuk menghindari kerusakan pada drat. Perlu diingat, membuka baut dilakukan saat roda masih di bawah atau sebelum didongkrak. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com