Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kaleidioskop Otomotif 2022

Daftar Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang 2022, BMW Paling Banyak

Kompas.com - 26/12/2022, 13:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai dilanda pandemi Covid-19 pada awal 2020, pasar otomotif di Indonesia perlahan mulai kembali tumbuh.

Tak sedikit pabrikan roda empat yang meluncurkan produk barunya di tahun 2022. Tak hanya dari produsen otomotif raksasa Jepang seperti Toyota dan Honda.

Namun, ada juga merek baru seperti Chery dan Subaru yang turut meluncurkan mobil baru di Tanah Air.

Baca juga: Cerita Mengapa Valentino Rossi Gagal ke Suzuki Usai dari Ducati

Seperti pada awal tahun, Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) premium yakni Toyota Land Cruiser 300, ubahannya tak hanya pada bagian eksterior namun juga pada bagian interior.

Peluncuran All New Toyota Land Cruiser dan New Toyota FortunerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Peluncuran All New Toyota Land Cruiser dan New Toyota Fortuner

Bersamaan dengan peluncuran Land Cruiser, Toyota juga turut meluncurkan Fortuner terbaru dengan mesin anyar yakni 1GD berkapasitas 2.800 cc.

Dilanjutkan dengan peluncuran Toyota Voxy terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan TSS 3.0.

Tanpa seremoni, Toyota kemudian meluncurkan versi penyegaran pada mobil low cost green car (LCGC) yakni New Calya. Mobil ini mendapat pembaruan pada sisi eksterior dan interior yang dibuat lebih segar.

PT TAM juga tidak hanya berfokus di segmen kendaraan penumpang. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran New Hiace dan New Dyna pada April 2022 lalu.

Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.dok TAM Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.

Di tahun 2022 ini, Toyota juga banyak meluncurkan line-up elektrifikasinya, mulai dari hybrid hingga Battery Electric Vehicle (BEV).

Sebut saja Toyota C-HR wit Toyota Safety Sense (TSS), Kijang Innova Zenix Hybrid yang peluncurannya bersamaan dengan versi ICE-nya, sampai kendaraan murni listrik Toyota bZ4X.

Pesaing terberat Toyota, Honda Prospect Motor (HPM) juga meluncurkan sejumlah mobil baru di tahun 2022. Mulai dari New Honda Brio RS Urbanite Edition, City Hatchback RS with Honda Sensing, All New Honda HR-V hingga Honda WR-V.

Sayangnya, pada tahun ini Honda belum meluncurkan satupun kendaraan elektrifikasinya.

Honda Brio RS UrbaniteKompas.com/ApridaMegaNanda Honda Brio RS Urbanite

Pabrikan Jepang lainnya seperti Suzuki juga turut meluncurkan mobil baru, yakni All New Ertiga Hybrid, Suzuki S-Presso, dan Baleno Facelift. Sementara itu, Mitsubishi juga turut meluncurkan kendaraan baru mulai dari Xpander Cross.

Nissan juga tak ketinggalan menghadirkan mobil barunya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yakni Nissan Terra.

Pasar otomotif 2022 juga kembali diramaikan oleh kehadiran merek baru Jepang, yakni Subaru yang kembali mencoba peruntukannya di pasar Indonesia. Di tahun ini, Subaru meluncurkan mobil tiga model andalannya mulai dari Forester, XV, hingga BRZ.

Hyundai StargazerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Hyundai Stargazer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com