Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekitar 21,5 Juta Pemudik Diprediksi Melintas ke Jateng pada Libur Nataru

Kompas.com - 20/12/2022, 14:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Pada libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Jawa Tengah diprediksi akan dilintasi sebanyak 21,5 juta pemudik. 

Hal itu di ungkapkan Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, Senin (19/12/2022) di Mapolda Jawa Tengah. 

"Nataru nanti, Jateng kemungkinan tetap jadi favorit para pemudik. Kebanyakan pemudik yang datang rata-rata dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur," kata Agus, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Polisi Prediksi Puncak Arus Mudik Libur Natal 23-24 Desember 2022

Menurutnya, pihaknya juga telah memetakan titik-titik kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol, Pantura, jalur selatan dan arteri. 

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah juga nantinya akan melakukan rekayasa dan skenario untuk mengurai ketersendatan arus kendaraan-kendaraan pemudik saat Nataru. 

"Ada lima jalur yang kita siapkan. Arus dari arah Jakarta akan diberlakukan one way. Termasuk skenario pengalihan dari tol ke arteri," ucapnya. 

Selama arus mudik dan balik Nataru, Polda Jawa Tengah juga akan menyiagakan 252 pos jaga. 

Foto udara antrean sejumlah kendaraan roda empat saat akan memasuki Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Trans Marga Jateng selaku pengelola Tol Semarang - Solo bersama pihak kepolisan memberlakukan kebijakan situasional satu arah dari gerbang tol tersebut menuju interchange Bawen sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan dari arah Jakarta yang akan menuju ke sejumlah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Foto udara antrean sejumlah kendaraan roda empat saat akan memasuki Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Trans Marga Jateng selaku pengelola Tol Semarang - Solo bersama pihak kepolisan memberlakukan kebijakan situasional satu arah dari gerbang tol tersebut menuju interchange Bawen sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan dari arah Jakarta yang akan menuju ke sejumlah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Puncak tertinggi kepadatan arus lalu lintas diprediksi akan terjadi 23-24 Desember untuk arus mudik. 

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Saat Nataru, Jasa Marga Siapkan Tol Fungsional

Sementara itu arus balik Nataru diprediksi pada 30-31 Desember sampai 1 Januari 2023. 

"Kita juga pantau terus tempat-tempat wisata strategis yang kemungkinan besar penuh wisatawan," tutur dia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com