Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Rem Macet dan Aquaplaning, Cek Kondisi Roda Mobil di Musim Hujan

Kompas.com - 02/12/2022, 17:02 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Bagian bawah mobil seperti ban dan pelek, jadi dua sektor vital yang sering memicu masalah serius. 

Tekanan udara ban dan tingkat akurasi rem menentukan keamanan dan keselamatan selama berkendara. Terlebih saat cuaca ekstrem layaknya hujang deras.

Ban yang tipis atau kempis, rawan menyebabkan mobil tergelincir atau biasa disebut aquaplaning. Kondisi rem juga benar-benar dipastikan lantaran jarak aman pengereman mengalami penurunan.

Seperti disampaikan Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto. Menurut dia, perawatan ringan seperti membersihkan komponen-komponen akibat kotoran dan lumpur secara efektif meningkatkan efisiensi kerja yang baik. 

Baca juga: Pentingnya Rutin Mengecek Sektor Kaki-kaki Mobil di Musim Hujan

"Mobil yang sering digunakan, apalagi beberapa jalan protokol tergenang banjir dibersihkan rutin menghindari korosi. Rem bisa macet akibat kotoran dan lumpur yang menempel. Pelek dan spatbor juga berisiko mudah berkarat," kata Bambang kepada Kompas.com, Jumat (2/12/2022). 

Langkah tersebut bisa dilakukan sendiri maupun di tempat jasa cuci mobil. Selain itu, kondisi sistem pengereman juga harus dipantau.

Bambang mengatakan, gejala rem bermasalah bisa diketahui dari injakan pedal rem yang tiba-tiba berubah.

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

Pemeriksaan detail fisik juga dilakukan pada bagian ban. Keempat ban satu persatu diperhatikan mengingat bahaya kecelakaan fatal saat musim hujan. 

"Rem mudah bermasalah saat melewati genangan air yang cukup tinggi. Untuk memastikan bisa satu atau dua kali dicoba menginjak pedal rem, kampas rem membersihkan disc brake dengan sendirinya," ujar Bambang.

"Kemudian dilanjutkan cek permukaan ban, dilihat apakah kembangan alurnya masih tebal. Grip yang bagus mengurangi risiko tergelincir saat melaju kecepatan tinggi. Tekanan angin keempat ban dicek, apakah ideal sesuai aturan," katanya. 

Sebagai perlindungan tambahan, bagian side wall bisa dibersihkan dan diberikan semir ban untuk melindungi dari perubahan cuaca. 

Baca juga: BMW Hadirkan Sedan Spesial Performa Tinggi M4 CSL, Harga Rp 4,1 Miliar

Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia Aan Nugroho menjelaskan, struktur karet kompon ban bisa berubah imbas penyusutan tekanan udara alamiah. 

Semir ban mobil jenis foamDicky Aditya Wijaya Semir ban mobil jenis foam

Baca juga: Cegah Jamur Kaca saat Musim Hujan, Apa Saja yang Harus Dilakukan?

"Semir ban melindungi dari kemungkinan bagian side wall pecah-pecah, fenomena alami yang terjadi disebabkan cuaca ekstrem. Jadi lapisan terluar, kandungan silikon emulsi memberikan efek daun talas, sehingga gelembung udara tak terserap langsung," ucap Aan. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.