Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Mesin Bensin Innova Zenix Diklaim Lebih Irit dari Diesel

Kompas.com - 25/11/2022, 15:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

 

SEMARANG,KOMPAS.com - Kijang Innova Zenix hadir mengusung dua varian tipe mesin, yakni berteknologi hybrid dan murni bensin dengan kode M20A-FKS Dynamic Force Engine.

Mesin bensin baru tersebut diklaim menawarkan efisiensi bahan bakar dan tenaga yang diklaim lebih unggul dibandingkan mesin diesel generasi sebelumnya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyematkan mesin M20A-FKS yang berkapasitas 1.987 cc, 4 silinder 16 valve DOHC Dual VVT-i dengan tenaga 171 tk dan torsi 20,9 Kgm pada rpm 4.500-4.900.

General Manager (GM) PT Toyota Astra Motor Adrian Tirtadjaja mengatakan, teknologi mesin baru menghasilkan racikan performa dan efisiensi bahan bakar yang didongkrak sebesar 75 persen.

"Innova bensin performa dan efisiensi lebih baik. Konsumsi BBM lebih irit dibandingkan model diesel, per liter bisa menempuh jarak 15 kilometer (km). Teknologi dari mesin VVT-i dikembangkan, intake dan exhausted di rancang dengan engine management baru," kata Adrian dalam seremoni Launching Innova Zenix untuk pasar regional Jawa Tengah & Yogyakarta, Kamis (24/11/2022). 

Baca juga: Merasakan Singkat Baris Kedua dan Ketiga Innova Zenix Hybrid

Mesin Innova Zenix Nasmoco Mesin Innova Zenix

Selain dari sumber tenaga, Adrian mengatakan, dilihat dari bobot masa Innova Zenix yang lebih ringan karena suspensi mengandalkan tipe monokok. Bobotnya susut hingga 170 Kg dibanding generasi keenam.

Hal itu berimbas power to weight ratio lebih baik, sistem penggerak roda depan juga dianggap memungkinkan perpindahan tenaga dari mesin ke roda yang meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

"Power to weight ratio 70 persen meningkat dari generasi sebelumnya. Platform TNGA-C dirancang khusus menghasilkan stabilitas berkendara maksimum kecepatan tinggi dan mereduksi bobot massa kendaraan," tambahnya. 

Komposisi tersebut disempurnakan sistem transmisi CVT K120 mode sequential 10 percepatan. Kinerja komponen mekanis yang efisien dan rasio sabuk baja lebih lebar, digadang-gadang ampuh meningkatkan efisiensi bahan bakar, akselerasi, dan operasional yang senyap.

Baca juga: Pasar Innova Diesel Jadi Hybrid Akan Beralih secara Bertahap

Peluncuran Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Peluncuran Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)

"Ruang mesin terlihat makin ringkas, penyaluran tenaga mesin tidak terhambat seperti model sebelumnya. Tenaga harus di distribusikan dari transmisi melalui perantara kopel sampai gardan (RWD). Sistem penggerak roda depan (FWD) menghasilkan rasio tenaga sama persis seperti output tenaga mesin yang dihasilkan," kata dia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com