Kompas.com - 25/11/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery memutuskan untuk meluncurkan dua model Sport Utility Vehicle (SUV) yakni Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro di pasar otomotif Indonesia.

Tahun depan, pabrikan asal China itu rencananya akan meluncurkan kendaraan listrik Omoda 5 yang juga bermain di segmen SUV.

Lantas, mengapa Chery tidak masuk ke kelas Multi Purpose Vehicle (MPV), mengingat pasarnya di Indonesia sangat menggoda yakni sekitar 16-19 persen dari total penjualan mobil tahunan?

Baca juga: Bahas Baterai Kijang Innova Zenix Hybrid, Dapat Garansi 8 Tahun

President Director PT Chery Motor Indonesia Shawn Xu mengatakan, MPV memang cukup mendominasi penjualan di Indonesia. Meski demikian, SUV menjadi model yang pertumbuhannya paling signifikan.

Kondisi ini yang membuat merek pelat merah China ingin berfokus untuk bermain di segmen SUV terlebih dahulu.

Test drive Chery Tiggo 7 Pro dan 8 ProFoto: Chery Test drive Chery Tiggo 7 Pro dan 8 Pro

“Setiap negara memiliki satu keyword kendaraan yang mewakili negaranya. Seperti, Thailand identik dengan truk pikap. Kalau kita menyebut Indonesia, akan teringat MPV. Namun untuk saat ini peminat SUV sedang berkembang di sini,” ucap Shawn Xu, saat ditemui Kompas.com di kawasan Pantai Indah Kapuk, belum lama ini.

Shawn Xu melanjutkan, alasan utama jenis MPV dicari karena masyarakat di Indonesia memiliki keluarga besar sehingga membutuhkan kabin yang lapang dan konfigurasi tempat duduk yang banyak.

“Sementara SUV kami punya keandalan tersebut, ditambah performa mesin yang powerfull,” katanya.

Baca juga: Penjualan Suzuki Masih Bersandar kepada New Carry

Shawn Xu menambahkan, di pasar global Chery juga telah memiliki model lainnya, termasuk MPV. Namun, sebagai awalan pihaknya ingin fokus memasarkan SUV melalui Tiggo Pro Series.

“Di global, kami punya MPV, sedan, truk dan masih banyak lagi. Tapi saat ini kami mau fokus di SUV dulu,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.