Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Genesis G80 Eks Kepala Negara di KTT G20

Kompas.com - 24/11/2022, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Genesis G80 yang digunakan para deligasi negara selama ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 lalu tebar pesona ke khalayak ramai dalam pameran khusus yang diselenggarakan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di Jakarta.

Dalam acara yang berlangsung selama 23-27 November 2022 di Ashta District 8 SCBD, Jakarta Selatan ini, para pengunjung berkesempatan untuk melihat secara langsung unit kendaraan listrik dari Hyundai yang jadi mobil resmi KTT G20.

Termasuk, Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase yang didesain khusus oleh Hyundai Global untuk Kepala Negara. Kendaraan tersebut belum pernah diproduksi dan dipamerkan sebelumnya.

Baca juga: Hyundai Akan Jual Ioniq 5 Bekas KTT G20, Ada Diskonnya

Genesis G80dok.HMID Genesis G80

"Kami melihat antusiasme positif dari masyarakat untuk kendaraan resmi dan Hyundai yang digunakan oleh deligasi berbagai negara pada acara G20 Summit 2022. Maka dari itu, kami ingin menampilkan kendaraan tersebut untuk masyarakat Indonesia," kata Woojune Cha, President Director HMID, Kamis (24/11/2022).

Pada lembar spesifikasinya, dapur pacu Genesis G80 Special Edition Long-Wheelbase serupa dengan varian normal yaitu dibekali baterai lithium-ion 87,2 kWh yang mampu menghembuskan tenaga maksimum sebesar 272 kW (370 PS).

Genesis G20 untuk KTT G20KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Genesis G20 untuk KTT G20

Kendaraan listrik mewah ini, dapat mencapai kecepatan maksimum 225 kpj dengan jarak tempuh hingga 500 kilometer dalam sekali pengisian.

Namun ada beberapa aspek yang berbeda dari Genesis G80 biasa, yaitu wheelbase-nya yang lebih panjang 217 mm. Sehingga panjang keseluruhan mobil 5.222 mm dengan jarak antar sumbu roda alias wheelbase 3.227 mm dan lebar keseluruhan 1.925 mm.

Baca juga: Usai Dipakai KTT G20, Hyundai Pamerkan Genesis G80 di Jakarta

Genesis G20 untuk KTT G20KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Genesis G20 untuk KTT G20

Untuk bagian fitur, dijelaskan tidak ada penambahan teknologi khsusus termasuk kaca anti peluru. Tetapi di beberapa bagian interiornya ada penambahan logo KTT G20 yang diembos dan bordir secara khusus.

Bagian dimaksud ada pada karpet dan bantal yang dijadikan aksesori tambahan. Lantas pada bagian eksterior, logo serupa diberikan di pilar B atau tengah.

Hyundai Genesis Electrified G80Hyundai Hyundai Genesis Electrified G80

"Kemarin banyak yang penasaran dengan jajaran mobil yang dipakai untuk para deligasi tetapi kita tidak bisa memberikannya, paling hanya eksterior saja. Sekarang, baru bisa dilihat lebih detail termasuk interiornya," ucap kata Head of Marketing HMID Astrid A. Wijana.

"Saya juga baru bisa lihat baru-baru ini (setelah KTT G20). Seperti ternyata ada bantal khusus yang dibordir logo G20 dan karpet khusus G20-nya," lanjutnya.

Baca juga: Wuling Motors Ikut Andil dalam Kesuksesan KTT G20 di Bali, Apa Saja Perannya?

Genesis G20 untuk KTT G20KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Genesis G20 untuk KTT G20

Diketahui selama perhelatan KTT G20, Hyundai Indonesia mengeluarkan 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase yang digunakan sebagai kendaraan Kepala Negara.

Lalu, ada juga 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase dan 262 unit Hyundai Ioniq 5 digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari Kepala Negara, rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com