Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petualangan Honda BR-V Lewati Lintas Timur Sumatera Menuju Pekanbaru

Kompas.com - 24/11/2022, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 tiba di Kota Jambi pada Senin (21/11/2022). Setelah menginap semalam, kami kembali lanjutkan perjalanan menuju Pekanbaru, Riau.

Untuk etape kali ini, masih menggunakan jalan Lintas Timur Sumatera dengan jarak yang lebih jauh. Untuk perjalanan Palembang-Jambi menempuh sekitar 270 Km, sedangkan dari Jambi ke Pekanbaru adalah 440 Km, jadi hampir dua kali lipat jaraknya.

Walaupun begitu, kondisi jalan dari Jambi ke Pekanbaru jauh lebih baik. Kontur jalannya mayoritas aspal yang mulus dengan sedikit lubang, selain itu juga penuh kelokan yang menarik dengan jalanan naik dan turun.

Baca juga: Uji Ketangguhan Honda BR-V Libas Lintas Timur Sumatera Menuju Jambi

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Pada kesempatan itu, Honda BR-V yang dikemudikan bisa dibawa meliuk-liuk dengan nyaman. Hal ini berkat kaki-kaki BR-V yang mumpuni dengan suspensi MacPherson strut di bagian depan dan H-shape torsion beam di bagian belakang.

Selain itu, BR-V juga dilengkapi dengan pelek 17 inci yang dibalut dengan ban berukuran 215/55. Ban yang terbilang cukup lebar ini sangat memadai dibawa menikung baik di permukaan aspal maupun beton, membuat pengemudi percaya diri lakukan manuver.

Sama seperti Lintas Timur dari Palembang ke Jambi, etape kali ini masih diisi dengan truk yang berjalan cukup lambat. Jadi kami curi-curi kesempatan agar bisa menyalipnya tentu di jalanan yang sudah aman atau clear.

Baca juga: Chery Luncurkan Tiggo Pro Series, Harga Mulai Rp 368,5 Juta

Seperti biasa, mesin 1.500 cc bertenaga 119,3 TK di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm sangat mumpuni untuk dibejek. Transmisi CVT yang digunakan juga responsif, apalagi untuk dapatkan akselerasi ketika menyalip truk yang lambat.

Kami akhirnya sampai di Pekanbaru setelah melewati perjalanan selama 11 jam lebih dan menempuh 460,9 Km. Untuk hasil konsumsi bahan bakar, BR-V mencatat 15,3 kilometer per liter.

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing 
Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Konsumsi bahan bakar tersebut bisa dibilang cukup hemat, mengingat kondisi jalanan yang mulus jadi jarang stop and go karena ada lubang. Selain itu, mobil banyak bergerak secara stabil di kecepatan 60-80 kilometer per jam (kpj), bahkan kecepatan rata-ratanya di angka 39 kpj.

Setelah Pekanbaru, kami akan melanjutkan perjalanan ke Rantau Prapat. Jadi tunggu terus update dari tim Merapah Trans-Sumatera 2022.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com