Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Punya Jalan Tol yang Bisa Bernyanyi

Kompas.com - 23/11/2022, 17:29 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi pengendara kendaraan bermotor, jalan tol merupakan lintasan yang sudah tidak asing lagi. Di Indonesia sendiri, ada berbagai ciri khas dan keunikan dari tiap jalan tol.

Singing Road atau jalan tol yang bisa bernyanyi menjadi salah satu keunikan dari jalan tol Trans Jawa. Singing Road pertama di Indonesia tersebut dipasang sejak Desember 2019.

Dirangkum dari laman bpjt.pu.go.id, Singing Road terletak di Jalan Tol Ngawi - Kertosono - Kediri Km 616. Namun pada titik tersebut hanya terdapat dua nada saja.

Baca juga: Persiapan yang Harus Dilakukan Jika Ingin Ikut Reli AXCR Pakai Motor

Untuk Singing Road kedua berada di Km 644+200 B (arah Madiun-Solo) yang terdiri dari enam nada sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap, yaitu nada "happy birthday to you" atau selamat ulang tahun yang sudah dipasang dua pekan sebelum hari raya Natal 25 Desember 2019.

Singing Road merupakan marka jalan berupa "Speed Trap" dengan ketebalan 3 milimeter. Rumbble Strip itu kemudian ditata dengan jarak berdekatan agar saat dilindas ban mobil akan terdengar suara hingga kabin.

Nada sangat jelas terdengar jika mobil bergerak dengan kecepatan 80-100 km per jam. Jika kecepatan mobil lebih atau kurang nada tersebut tidak akan terdengar dengan baik.

Inovasi yang baru diterapkan di jalan tol ini ditujukan untuk meningkatkan keselamatan dalam bekendara. Jalan Tol Trans Jawa yang didominasi jalan lurus dapat membuat pengendara jalan tol lengah.

Singing road di Jalan Tol Trans-JawaKementerian PUPR Singing road di Jalan Tol Trans-Jawa

Karena kondisi yang membosankan, rasa kantuk akan timbul saat melewati ruas jalan tol ini. Singing Road dipasang untuk mengembalikan fokus pengemudi agar dapat berkonsentrasi kembali.

Lokasi Singing Road di Km 616 dan Km 644+200 B dipilih berdasarkan hasil evaluasi di mana lokasi tersebut merupakan titik lelah pengendara, sehingga pengendara akan kurang fokus saat menyetir pada titik ini.

Baca juga: Uji Ketangguhan Honda BR-V Libas Lintas Timur Sumatera Menuju Jambi

Pemasangan Singing Road di Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri adalah upaya menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas. Karena setelah Singing Road dipasang, angka kecelakaan pada ruas tersebut berkurang.

PT. Jasamarga Ngawi Kertosono selaku Badan Usaha Jalan Tol telah memasang rambu pemberitahuan sebelum melewati Singing Road agar pengendara tetap waspada.

Saat ini Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri telah terpasang tiga rambu, yaitu 50 meter sebelum, 200 meter sebelum, dan 400 meter sebelum jalan bernada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com