Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interval Penggantian Coolant Innova Reborn Diesel

Kompas.com - 22/11/2022, 15:02 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Innova Reborn diesel masih diminati meski Innova Zenix hybrid sudah resmi diluncurkan. MPV bekas ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi di berbagai bursa mobil bekas.

Mobil ini memang cukup tangguh dengan mesin diesel 2,4 liter yang dilengkapi turbocharger. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga irit sehingga wajar bila banyak orang menginginkannya.

Nah, bagi pemiliiknya ada hal yang perlu diperhatikan terkait perawatan, terutama penggantian coolant atau air radiator agar performa mesin tetap prima.

Baca juga: Harga Innova Reborn Bensin Bekas, Mulai Rp 260 Jutaan

Bodykit dari merek lokal Sapphire yang menempel pada Toyota Innova Reborn dalam agenda Innova-Fortuner Automotive Meet Up (IFAM) di Surabaya, 27-28 November 2021. Team NMAA Bodykit dari merek lokal Sapphire yang menempel pada Toyota Innova Reborn dalam agenda Innova-Fortuner Automotive Meet Up (IFAM) di Surabaya, 27-28 November 2021.

Kepala Bengkel Nasmoco Solo Baru Nyoman mengatakan, coolant pada Innova Reborn diesel perlu diganti secara teratur agar suhu kerja mesin tetap terjaga.

“Penggantian coolant atau air radiator disarankan setiap 160.000 Km untuk mobil baru, setelah itu penggantian coolant berdasarkan kondisinya,” ucap Nyoman kepada Kompas.com, Senin (21/11/2022).

Dia mengatakan meski waktu penggantian coolant bisa fleksibel, sebaiknya kualitas coolant selalu dijaga agar perlindungan sistem pendingin optimal.

Baca juga: Minat Toyota Innova Bensin Bekas, Cek Penyakitnya biar Tak Rugi

Kijang Innova bekas harga Rp 100 jutaan banyak diminati konsumen karena dinilai cocok untuk pemilik pemulaDicky Aditya Wijaya Kijang Innova bekas harga Rp 100 jutaan banyak diminati konsumen karena dinilai cocok untuk pemilik pemula

“Dampaknya telat ganti coolant sih tidak terlalu banyak, tapi sebaiknya coolant selalu dijaga kualitasnya, seperti diketahui kualitas coolant lama-lama bisa berkurang,” ucap Nyoman.

Coolant efek pendinginanya lebih bagus dan ada zat anti keraknya, beda dengan air, terlebih lagi air yang banyak kandungan asam, mineral, kapur dan sebagainya yang tentunya itu tidak disarankan,” ucap Nyoman.

Baca juga: Daftar Harga Innova Bensin Bekas, Mulai Rp 83 Jutaan

Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November Mobil88 Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November

Dia mengatakan air coolant ada kandungan yang bisa menjaga air pendingin tidak habis karena menguap.

“Sebenarnya kalau telat ganti coolant sih tidak masalah, hanya saja air pendingin tanpa coolant cenderung lebih mudah menguap, dan itu yang berbahaya,” ucap Nyoman.

Dia mengatakan air pendingin harus selalu dijaga levelnya agar suhu mesin tidak berlebihan yang bisa merusak mesin.

Baca juga: Dikabarkan Setop Produksi, Stok Innova Diesel di Semarang Menipis

Jadi, sebaiknya coolant diganti setiap 160.000 Km, atau melihat kondisinya secara langsung, karena sebenarnya kualitas coolant bisa menurun seiring pemakaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com