Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertutup Longsor akibat Gempa, Jalur Cianjur-Cipanas Sudah Bisa Dilewati

Kompas.com - 22/11/2022, 14:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Cianjur-Cipanas sudah bisa dilintasi pengguna kendaraan bermotor siang ini, Selasa (22/11/2022).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengecek langsung kondisi ruas jalan Cianjur-Cipanas dan dipastikan dibuka kembali usai tertutup tanah longsor akibat gempa Cianjur.

Basuki meninjau lokasi longsor imbas gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) malam. Ia beserta rombongan tiba di lokasi pukul 21.45 WIB. Sementara itu, gempa susulan masih terjadi pada pukul 21.30 WIB.

Baca juga: Menikmati Kabin Honda BR-V Dalam Perjalanan Jauh Trans Sumatera

Basuki mengatakan, fokus penanganan dilakukan dengan ekskavator dan dump truck yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan pada ruas Cipanas–Cianjur.

“Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa (22/11/22), total alat berat bekerja dari 2 sisi yang berbeda (sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara) adalah 6 unit ekskavator dan 6 unit dump trucks,” kata Basuki, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (22/11/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022), mengakibatkan ada jalan yang tertutup di Cugenang. Dok. NTMC Polri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022), mengakibatkan ada jalan yang tertutup di Cugenang.

Sementara itu, juru bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, ruas yang tertutup longsoran berhasil ditembus pagi ini.

“Ruas yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di 2 titik sudah bisa kita tembus pagi ini jam 08.00 WIB. Sekarang fokus kita pada pembersihan ruas jalan agar bisa dilalui dari 2 arah, serta evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran,” kata dia.

Baca juga: Transformasi Daihatsu Hi-Max jadi Mini Dump Truck

“Kita harapkan mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan (makanan/minuman) dan sandang (baju/selimut/sarung dll) dapat menjadi lebih lancar,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com