Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Dilakukan Bila Kunci Mobil Hilang?

Kompas.com - 20/11/2022, 15:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Anak kunci pada mobil memiliki berfungsi yang sangat penting. Jika komponen ini rusak atau hilang, maka mobil tidak bisa digunakan karena mesin tidak bisa hidup.

Mobil bisa saja sedang ada di rumah, di parkiran atau di suatu tempat terakhir kali digunakan. Hal itu tentu saja membuat pengendara cukup kesusahan.

Bisa saja mobil tidak bisa dibuka pintunya, mesin tidak bisa menyala dan seterusnya. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut?

Baca juga: Bukan Gantungan, Ini Fungsi Pelat Kecil pada Anak Kunci Mobil

Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauhKompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauh

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan bila anak kunci pada mobil hilang maka solusinya adalah menggunakan kunci cadangan bila ada.

“Dengan kunci cadangan, maka mobil bisa digunakan seperti biasanya, namun perlu melakukan duplikasi agar ketika kunci hilang untuk kedua kalinya bisa dengan mudah teratasi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (20/11/2022).

Dia mengatakan untuk menduplikasi anak kunci bisa dengan dua cara, tergantung jenis anak kuncinya sudah dilengkapi immobilizer atau belum.

Baca juga: Bisa Upgrade Kunci Mobil di GIIAS 2022, Ini Biayanya

Contoh fungsi bagian keyless entryZulfana K. Rijal Contoh fungsi bagian keyless entry

“Jika dilengkapi immobilizer maka, pemilik kendaraan harus membeli anak kunci asli dari bengkel resmi, lalu melakukan registrasi anak kunci sebelum datang ke ahli kunci untuk mengukir mekanikal anak kuncinya,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan bila kunci mobil masih belum dilengkapi dengan immobilizer, maka pemilik kendaraan bisa mengganti anak kunci dengan lebih mudah, dengan cukup datang ke ahli kunci maka bisa selesai.

“Akan lebih rumit lagi bila kedua anak kunci sudah hilang, maka solusinya adalah dengan membuatkan anak kunci yang baru lengkap dengan rumah anak kuncinya, cara ini juga berlaku untuk kunci yang sudah dilengkapi dengan immobilizer,” ucap Ibrohim.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kunci Mobil Tertinggal di Kabin

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

Dia juga mengatakan beberapa mobil tua masih bisa diakali dengan memanggil ahli kunci untuk dibuatkan anak kunci yang serupa yang penting asal bisa diputar.

"Atau bila masih memiliki gambar kode kunci mobil yang ada di anak kunci, atau plat kecil, biasanya ahli kunci bisa membuatkan duplikatnya dengan mudah tanpa harus membongkar rumah anak kuncinya," ucap Ibrohim.

Jadi, kehilangan anak kunci bisa cukup rumit, maka dari itu pastikan di rumah selalu tersedia kunci cadangan untuk berjaga-jaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com