Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Cara Melewati Persimpangan Tanpa Lampu Lalu Lintas

Kompas.com - 18/11/2022, 18:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak insiden kecelakaan terjadi di persimpangan jalan, seperti perempatan atau pertigaan. Pengendara harus berhati-hati dan memperhatikan cara aman melewati persimpangan, khususnya di lokasi tanpa lampu lalu lintas.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan pengendara saat melewati persimpangan tanpa lampu lalu lintas.

“Kalau mau selamat memang harus berpegang pada prinsip kehati-hatian, metodenya dengan kurangi kecepatan sebelum persimpangan, saat kondisi sepi maupun ramai,” ujar Sony, kepada Kompas.com (18/11/2022).

Baca juga: Unit Terbatas, Mobil Bekas Toyota Mark X Dijual Rp 270 Juta

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Kemudian, pastikan pengendara bersiap untuk berhenti saat melewati persimpangan. Baik itu ada lampu lalu lintas, maupun tidak ada.

“Berhenti dan melihat arus lalu lintas ke kanan dan kiri. Lalu melintas setelah kondisi aman, komunikasi dengan pengendara lain bila sudah diberi kesempatan,” ucap Sony.

“Perilaku di atas adalah etika berkendara di tempat umum yang harus disadari dan dipupuk supaya menjadi sebuah kebiasaan yang benar,” kata dia.

Baca juga: Apakah Benar Mobil Manual Lebih Irit dari Matik?

Ilustrasi lampu lalu lintas di JepangShutterstock Ilustrasi lampu lalu lintas di Jepang

Sebab, di persimpangan jalan para pengendara kerap abai memperhatikan keselamatan. Mereka yang menyeberang jalan sering tidak hati-hati, begitu juga dengan pengendara lain yang turut menjadi korban kecelakaan.

Mirisnya lagi, para pengendara tidak menggunakan peralatan berkendara yang lengkap, seperti helm, jaket, hingga sarung tangan, bahkan ada yang bonceng bertiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com