Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Sukses Ducati Kawinkan Gelar Juara MotoGP dan WSBK 2022

Kompas.com - 15/11/2022, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Aruba.it Racing-Ducati Alvaro Bautista telah memastikan diri sebagai juara dunia WSBK 2022. Bisa dibilang tahun ini adalah tahunnya Ducati, karena pabrikan motor asal Italia berhasil mengawinkan gelar juara dunia MotoGP dan WorldSBK.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo keluar sebagai juara MotoGP dengan koleksi 265 poin.

Sporting Director Ducati Corse Paolo Ciabatti mengungkap alasan Alvaro Bautista bisa meraih gelar juara dunia WSBK 2022.

Baca juga: Punya Tenaga Besar, tapi Honda WR-V Minus Beberapa Fitur Ini

Pembalap asal Spanyol Alvaro Bautista bersama tim Ducati foto bersama seusai juara dunia World Superbike 2022 lebih awal di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pembalap asal Spanyol Alvaro Bautista bersama tim Ducati foto bersama seusai juara dunia World Superbike 2022 lebih awal di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.

Menurutnya, Bautista dan Ducati adalah paket lengkap sebagai juara dunia. Ia berhasil memastikan gelar juara dunia WSBK 2022 usai pada Race 2 WSBK Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Minggu (13/11/2022).

"Ini selalu tentang kombinasi pembalap dan motor, yang telah kami tingkatkan bersama dia," ujar Paolo Ciabatti dikutip dari Motosan (14/11/2022).

"Bautista sekarang memiliki perasaan yang sama baiknya dengan Bagnaia pada Desmosedici," kata dia.

Baca juga: Innova Diesel Stop Produksi? Ini Kata Toyota

Meski hanya dapat finis di posisi kedua, namun Bautista sudah dipastikan menyabet gelar juara. Pencapaian ini pun terasa sangat spesial karena WSBK 2022 sendiri menjadi musim pertama Bautista kembali membela Ducati.

Seperti diketahui, Ciabatti menilai, hasil manis yang diraih Bautista tak luput dari pengembangan motor Ducati.

Karena berkat peningkatan performa Ducati Panigale V4 R, membuat rider asal Spanyol itu tampil sangat kompetitif di WSBK 2022.

Baca juga: Presiden Amerika Serikat Joe Biden Pakai The Beast buat KTT G20

Pebalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista memacu kecepatan pada latihan bebas pertama (FP1) World Superbike 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/11/2022). Pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 36,938 detik pada FP1, sementara Alvaro Bautista berada di urutan ketiga. Terkini, Alvaro Bautista sudah merampungkan balapan kedua WSBK Mandalika 2022 pada Minggu (13/11/2022). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nzANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Pebalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista memacu kecepatan pada latihan bebas pertama (FP1) World Superbike 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/11/2022). Pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 36,938 detik pada FP1, sementara Alvaro Bautista berada di urutan ketiga. Terkini, Alvaro Bautista sudah merampungkan balapan kedua WSBK Mandalika 2022 pada Minggu (13/11/2022). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz

"Motor yang dimiliki Bautista bersama kami pada tahun 2019 jauh lebih baik sekarang. Dan Bautista telah berkembang dalam dua tahun yang sulit bersama Honda," ucap Ciabatti.

"Sekarang dia selalu kompetitif dan hampir selalu naik podium. Dan dia mampu mengelola tempat kedua atau ketiga ketika tidak ada kemungkinan menang tanpa mengambil risiko tambahan,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com