Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Pakai Genesis G80 Electrified, Presiden Perancis Pilih SUV Legendaris Ini

Kompas.com - 15/11/2022, 07:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Marcon sudah tiba di Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Senin (14/11/2022).

Momen kedatangan Emmanuel Marcon ini pun diabadikan dalam video Youtube yang diunggah akun Sekretariat Presiden. Ketika turun dari pesawat, Emmanuel Marcon langsung disambut oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Setelah sedikit berbincang, Emmanuel Marcon melanjutkan perjalana dengan mobil yang berbeda dari apa yang disediakan. Mobil yang digunakan Presiden Perancis ini adalah Mercedes Benz G-Class.

Padahal sudah disediakan mobil khusus para tamu negara termasuk petinggi negara, yakni mobil listrik Genesis G80, serta Hyundai Ioniq 5.

Baca juga: Berikut Angkutan Barang yang Boleh Melintas Selama KTT G20 Berlangsung


Namun kalau diperhatikan, G-Class yang digunakan bukan sembarangan, tapi model armored atau G 500 Guard. Secara spesifikasi, G 500 Guard sudah dilengkapi dengan Highest Protection level VR6/VR7.

Artinya, mobil tersebut menyediakan proteksi terhadap serangan teroris. G 500 Guard dibuat agar tahan tembakan dari senjata militer serta tahan dari ledakan granat maupun bom.

Walaupun sudah anti peluru, G 500 Guard tetap punya kenyamanan berkendara tingkat tinggi. Begitu juga soal handling, dengan bobot yang lebih berat, manuver dari G 500 Guard tetap baik.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Langsung Pindahkan Gigi dari D ke P pada Mobil Matik


G 500 Guard dilengkapi dengan mesin 5.500 cc V8 yang menghasilkan 388 TK dan torsi 530 Nm. Memakai transmisi otomatis 7 percepatan, G 500 Guard bisa melaju sampai 160 kpj.

Bicara soal G-Class, Mercedes Benz sudah membuat versi khusus sejak 1979. Sekarang, selain G-Guard, tersedia juga E-Guard, S-Guard, dan Mercedes Benz S 600 Pullman Guard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com