Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Panjangnya Konvoi The Beast Presiden AS Saat Lewat Ruas Jalan di Bali

Kompas.com - 14/11/2022, 18:08 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com – Salah satu daya tarik penyelenggaraan KTT G20 di Bali adalah mobil-mobil yang digunakan para petinggi negara. Salah satunya adalah mobil dinas kepresidenan Amerika Serikat berupa sedan limusin Cadillac One.

Salah satu yang menarik dibahas adalah konvoi orang nomor satu Amerika Serikat ketika berada di Bali, yaitu Cadillac One tunggangan Joe Biden yang dijuluki sebagai The Beast

Dilansir dari akun TikTok @rahwidi_ (14/11/2022), iring-iringan The Beast tengah melintasi salah satu ruas jalan di Bali.

Baca juga: Presiden Amerika Serikat Joe Biden Pakai The Beast buat KTT G20

@rahwidi_ Welcome to bali presiden USA #joebiden #g20indonesia2022 #g20 #nusaduabali ? DJ kara boruto by KELUD TEAM OFFICIAL - BAR???SLIME

Konvoinya dimulai dari beberapa kendaraan listrik, mulai dari motor listrik Energica, mobil listrik Hyundai Ioniq 5, dan Genesis G80.

Kemudian diikuti Cadillac One alias The Beast sebanyak dua unit, tak ketinggalan beberapa mobil pengawal Chevrolet Suburban di sekitarnya, termasuk mobil rombongan Toyota Hiace.

Terlihat ada 17 kendaraan yang berada di konvoi Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam video itu.

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Pakai Limosin Hongqi N701 buat KTT G20

Iring-iringan mobil pengawal Presiden ASDok. BBC Iring-iringan mobil pengawal Presiden AS

Disitat dari laman The Drive (14/11/2022), iring-iringan mobil kepresidenan umumnya terdiri dari berbagai macam kendaraan.

Konfigurasi persisnya berubah tergantung pada misi dan aset yang ada, tetapi tata letak dasar yang digambarkan cukup umum.

Terkadang mobil tambahan ditambahkan di posisi yang berbeda, dan hanya karena limusin Kepresidenan sedang bergerak, Presiden belum tentu berada di dalam salah satunya.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Kembali Jadi Saksi Penobatan Juara Dunia WorldSBK

Iring-iringan mobil pengawal Presiden ASDok. BBC Iring-iringan mobil pengawal Presiden AS

Seperti diketahui, hadirnya dua unit The Beast di Bali biasanya untuk mengecoh orang yang berniat jahat.

Sebagai informasi, Cadillac One yang merupakan mobil lapis baja ini adalah warisan Donald Trump yang digunakan sejak 2018 lalu.

Kabarnya, The Beast merupakan mobil dengan tingkat keamanan paling tinggi, hingga diklaim mobil paling aman di dunia.

Baca juga: SPKLU di Rest Area Tidak Efektif buat Mobil Listrik

Wujud mobil kepresidenan Amerika Serikat Joe Biden, limosin lapis baja yang disebut super The Beast saat keluar dari Terminal Kedatangan VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, pada Minggu (13/11/2022). Kompas.com/ Yohanes Valdi Seriang GintaYohanes Valdi Seriang Ginta Wujud mobil kepresidenan Amerika Serikat Joe Biden, limosin lapis baja yang disebut super The Beast saat keluar dari Terminal Kedatangan VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, pada Minggu (13/11/2022). Kompas.com/ Yohanes Valdi Seriang Ginta

Meskipun sebuah sedan limusin dengan tampilan serupa Cadillac CT6, ukurannya terbilang besar. Tinggi dimensinya saja melebihi sebuah medium SUV. kemudian ukuran bannya yang tebal juga serupa ukuran truk medium.

Boleh dibilang, The Beast merupakan tank yang didesain seperti limusin, dengan kemewahan interior namun pakai sasis truk ringan dengan durabilitas tinggi.

Cadillac tidak mengungkap spek detail mengenai mobil ini, karena berkaitan dengan keamanan orang nomor satu di Amerika Serikat. Perihal detail dimensi, spesifikasi, fitur dan keunggulannya tersembunyi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com