Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Ikonik dari BMW Berdaya 686 Tk

Kompas.com - 14/11/2022, 17:01 WIB
Aris F Harvenda

Editor

California, KOMPAS.com - BMW menghadirkan SUV spesial bertenaga besar, XM, dalam rangka memperingati kiprah ke-50 divisi M.

Model ikonik ini merupakan produk kedua yang dilahirkan BMW M setelah M1 yang diperkenalkan pada 1978.

Jika produk pertama model sedan, mengapa produk keduanya berubah menjadi SUV?

Sedikit menoleh ke belakang, BMW memproduksi M1 dengan karakter sedan saat itu dengan alasan tren yang sedang berkembang adalah balap.

Baca juga: Daya Tarik Terbaru BMW X7 untuk Meladeni Rival di Segmen SUV Mewah

Berbeda dengan saat ini, SUV menjadi salah satu model yang tengah naik daun. Sehingga BMW merasa perlu membuat model ikonik berkarakter SUV. Atas pertimbangan tersebut maka lahirlah XM.

BMW XM sebuah paket komplet perpaduan teknologi, kemewahan dan kenyamananBMW BMW XM sebuah paket komplet perpaduan teknologi, kemewahan dan kenyamanan

Bukan SUV biasa

XM dibangun bukan sebagai versi kencang dari model X mana pun yang diproduksi BMW. Meski sebenarnya basis yang digunakan sama dengan X7. Namun sasis, bahkan platform dan bodi yang dipakai benar-benar berbeda dan tergolong spesial.

Desain kekinian dari BMW terlihat dari penggunaan lampu depan dengan model terpisah 2 bagian. Sedangkan kidney grill khas yang dipakai ditambahkan lis di area luar beraksen emas. Iluminasi LED juga diaplikasikan pada gril sebagai pelengkap.

Desain depan BMW XM memiliki karakter yang kental dengan guratan garis tegas.BMW Desain depan BMW XM memiliki karakter yang kental dengan guratan garis tegas.

Bemper depan hadir dengan desain sangar yang sarat akan perhitungan aerodinamis. Alhasil jika dilihat dari depan, XM benar-benar memiliki kesan buas dan dengan tarikan garis berotot sebagai penguat karakter.

Aksen emas disematkan pada bagian samping yang mengelilingi kaca dari pilar A hingga D dan menyambung hingga bagian bawah yang memberi kesan seperti garis bodi.

Identitas M1

Beralih ke belakang, ada identitas produk pertama, M1, yang tetap dipertahankan BMW yaitu peletakan logo di kaca belakang sisi atas kanan dan kiri.

Logo BMW dipasang pada bagian atas kaca belakang XM di sisi kanan dan kiriBMW Logo BMW dipasang pada bagian atas kaca belakang XM di sisi kanan dan kiri

Makin sporti dan sedap dipandang adalah kehadiran lampu rem belakang tipis beraroma futuristis.

Bemper belakang terihat sporti dan juga sangar dengan kehadiran knalpot ganda model vertikal pada sisi kanan dan kiri bemper belakang.

Baca juga: Sejenak Berada di Balik Kemudi Mobil Listrik Mewah BMW i7

Paket komplet

Saat memasuki kabin, Anda akan disapa dengan sebuah paket komplet yang ditawarkan BMW, teknologi, kemewahan dan kenyamanan.

Desain dasbor BMW XMBMW Desain dasbor BMW XM

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com