Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki V-Strom 800DE Meluncur, Jadi Pesaing Honda Transalp

Kompas.com - 14/11/2022, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran EICMA 2022 menjadi ajang bagi produsen roda untuk meluncurkan produk terbarunya. Seperti Suzuki yang turut menampilkan motor petualang terbaru, V-Strom 800DE.

Dilansir dari Paultan (13/11/2022), Suzuki V-Strom 800DE masih mempertahankan tampilan V-Strom yang asli, namun dengan kenyamanan lebih baik, serta fitur yang lebih modern.

Termasuk desain lampu depan LED berjenjang pada bagian fascia yang memberikan kesan gagah pada motor ini.

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

Suzuki V-Strom 800DEPAULTAN.org Suzuki V-Strom 800DE

Meski begitu, fokus dari 800DE adalah mesinnya yang serba baru. Di mana terdapat mesin twin parallel berkapasitas 776 cc dengan poros engkol 270 derajat dan bobot seimbang.

Artinya, dari spek mesinnya motor ini bakal jadi pesaing serius Honda XL750 Transalp berkapasitas 755 cc, yang juga meluncur pada ajang yang sama.

Ketika kehadirannya diumumkan di EICMA, Suzuki belum mengungkap perihal tenaga mesin yang disalurkan melalui girboks enam percepatan yang dilengkapi dengan Suzuki Clutch Assist System (SCAS).

Baca juga: Bukan Swap Baterai, Ini Salah Satu Penghambat Pemakaian Motor Listrik

Sementara itu, terdapat juga empat mode berkendara, mulai dari Active, Basic, Comfort, dan Gravel, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Pada mode A atau Active merupakan penyaluran tenaga paling agresif. Sementara mode C atau Comfort respons gas sedikit dikurangi. Sedangkan pada mode Gravel memungkinkan ban belakang berputar tanpa daya terputus.

Kemudian, 800DE juga dilengkapi dengan Suzuki Traction Control System (STCS), dengan empat level yang dapat dipilih pengendara.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik yang Dipakai Para Tamu Negara KTT G20 Bali

Suzuki V-Strom 800DEPAULTAN.org Suzuki V-Strom 800DE

Kontrol traksi dapat dimatikan jika pengendara menginginkannya dan ABS roda dua dapat diatur ke mode roda depan saja.

Beranjak ke bagian kaki-kaki, Showa memasok suspensi upside down 220 mm di depan dan sokbreker monoshock dengan setelan preload yang memiliki reservoir gas.

Adapun dengan ground clearance 220 mm dan jarak tinggi duduk pengendara 855 mm, motor ini memang masih sangat cocok dipakai buat medan offroad.

Baca juga: Ini Satu-satunya Tol yang Boleh Dilewati Sepeda Motor

Suzuki V-Strom 800DEPAULTAN.org Suzuki V-Strom 800DE

Bicara soal fitur, terdapat layar TFT-LCD 5 inci serta quickshifter sebagai perlengkapan standar. Tak ketinggalan soket USB yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya smartphone.

Secara bobot, 800DE memiliki berat 230 kg, dan tangki bahan bakarnya berkapasitas 20 liter. Motor ini turut dilengkapi dengan bagasi terpasang, penghangat tangan, lampu kabut, standar tengah dan pelindung mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com