Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda Mesin Innova Diesel 2010 dan 2013?

Kompas.com - 12/11/2022, 10:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Mobil Innova diesel banyak diandalkan oleh masyarakat. Salah satu alasannya adalah memiliki mesin yang tangguh dan irit konsumsi bahan bakar.

Sejak awal kemunculannya pada tahun 2004 Innova diesel menggunakan mesin 2KD-FTV hingga pada generasi ke-3 sebelum Innova reborn hadir dengan mesin 2GD-FTV.

Ada yang menarik untuk disimak dari perjalanan ubahan mesin Innova diesel dari generasi ke generasi. Seperti yang terjadi pada generasi ke-2 tahun 2010 dan generasi ke-3 2013.

Baca juga: Penampakan Toyota Innova Zenix Hybrid Lengkap dengan Sunroof

Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar DesignCHANUT WANNASARNMETHA Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar Design

Kepala Bengkel Nasmoco Solo Baru Nyoman, mengatakan mesin yang digunakan pada Innova diesel tahun 2010 dan 2013 sama.

“Innova diesel tahun 2010 dan 2013 menggunakan mesin yang sama dengan kode 2KD-FTV,” ucap Nyoman kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Dia mengatakan mesin yang digunakan pada Innova diesel pada tahun tersebut masih sama.

Baca juga: Jenis Bahan Bakar Apa yang Disarankan untuk Innova Reborn Diesel?

Innova diesel bekas, harga dibawah Rp 200 juta Dicky Aditya Wijaya Innova diesel bekas, harga dibawah Rp 200 juta

Sementara itu, Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo mengatakan meski mesin yang digunakan sama, ada beberapa sisi yang berbeda dari desain serta tingkat kepresisiannya.

“Mesin yang dipakai masih sama ya antara Innova diesel 2010 dan 2013, jika dilihat secara lebih teliti, perbedaannya ada di sensor udara masuknya,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Dia mengatakan sensor udara yang disematkan pada Innova diesel tahun 2013 memiliki sensor udara masuk yang lebih akurat.

Baca juga: Minat Innova Bensin, Cek Komponen Ini Sebelum Beli Bekasnya

“Manifold Absolute Pressure, dia mengukur tekanan udara dalam intake manifold, nah pada Innova diesel 2013 ini sensornya sudah diperbarui, menjadi lebih akurat dalam mengukur jumlah udara yang masuk,” ucap Eko.

Dia mengatakan, dengan jumlah udara yang terukur dengan lebih presisi maka harapannya campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih pas sehingga mesin mampu menghasilkan tenaga yang lebih optimal.

Jadi, mesin yang digunakan Innova diesel tahun 2010 dan 2013 masih satu tipe, tapi ada pembeda pada sensor udara masuknya. Sehingga, hal tersebut cukup dapat mempenvgaruhi tenaga yang dihasilkan mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com