Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Mobil Listrik Toyota bZ4X dan Hyundai Ioniq 5

Kompas.com - 11/11/2022, 17:45 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor baru saja meluncurkan mobil listrik murni pertamanya di Indonesia yakni Toyota bZ4X.

Kehadiran bZ4X sekaligus bakal menjadi penantang dari Hyundai Ioniq 5, yang sudah lebih dulu mengisi segmen mobil listrik murni di Indonesia.

Jika bicara dari segi harga, bZ4X memiliki dibanderol sekitar Rp 300 juta lebih mahal dibanding Ioniq 5. Toyota bZ4X dibanderol Rp 1,190 miliar, sementara Hyundai Ioniq 5 dibanderol Rp 859 juta untuk tipe termewahnya.

Baca juga: Toyota Prediksi Inden bZ4X Bakal Mengular

Kendati demikian, keduanya sama-sama bermain di segmen SUV listrik. Lantas bagaimana perbandingan spesifikasi kedua mobil tersebut?

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Desain

Menyoal desain, Hyundai Ioniq memiliki tampilan yang futuristik layaknya mobil masa depan. Hal ini terlihat dari desain mobil yang dibuat mengotak, lengkap dengan lampu depan yang sudah menggunakan Parametric Pixel LED Headlamps, yang berpadu dengan Front Center Garnish Hidden LED.

SUV listrik asal pabrikan Korea Selatan ini memiliki dimeensi panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.647 mm, serta ground clearance 160 mm.

Sementara Toyota bZ4X hadir dengan desain yang lebih familiar, atau hampir-hampir mirip dengan SUV konvensional yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

Hanya saja, bagian grille dibuat lebih simple dengan lampu depan yang dibuat tipis sehingga membuat terlihat agresif.

Interior Toyota bZ4XKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Interior Toyota bZ4X

Toyota bZ4X memiliki dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi, 1.600 mm, serta ground clearance yang lebih tinggi dari Hyundai Ioniq yakni 180 mm.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan dimensi Ioniq dah bZ4X tak begitu signifikan, bZ4X sedikit lebih panjang dan lebar dibanding Ioniq 5. Dan juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi.

Kemudian pada bagian interior, keduanya sama-sama menyajikan konfigurasi lima penumpang. Hanya saja, tampilan Ioniq 5 terlihat lebih modern dan sederhana.

Hal ini lantaran Ioniq tidak memiliki konsol tengah, seperti mobil pada umumnya. Semua fungsi yang ada di konsol tengah berpindah ke dasbor dan bagian setir, seperti perpindahan transmisi yang peroperasiannya dilakukan melalui tuas yang berada di belakang setir.

Sementara kabin bZ4X, lagi-lagi masih menggunakan desain layaknya mobil konvensional, namun dengan tampilan yang lebih premium. Di mana pengoperasian di dalam mobil sudah full digital, lengkap dengan transmisi model knob.

Dasbor Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Dasbor Hyundai Ioniq 5

Fitur

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com