Indonesia Kedatangan Lagi Bus Listrik, Foxtron Model T dari Taiwan

Kompas.com - 11/11/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Populasi bus listrik di Indonesia saat ini semakin banyak. Pertama ada bus listrik dari China yang digunakan oleh Mayasari Bakti sebagai armada Transjakarta dan merek lain terus berdatangan.

Bahkan ada beberapa bus listrik yang akan digunakan di KTT G20, seperti medium bus buatan PT INKA yang dioperasikan oleh DAMRI. Selain itu, ada juga bus listrik lain yang turut meramaikan acara tersebut, yakni Foxtron dari Taiwan.

Bus dengan merek Foxtron ini didatangkan oleh Energi Makmur Buana, anak perusahaan dari Indika Energy Group. Sebenarnya, Indika bersama dengan Foxconn, melakukan kerja sama dalam membuat merek kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: DAMRI Operasikan 24 Bus Listrik, Dukung KTT G20 di Bali

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Beladi Cakra Persada (@karosericakrabogor)

 

Foxtron bisa dibilang salah satu merek yang dibawa oleh Foxconn, terutama untuk kendaraan niaga. Nama bus Foxtron tersebut adalah Model T. Merupakan bus besar dengan lantai rendah, sehingga memudahkan akses penumpang masuk dan keluar.

Bus dari Taiwan ini didatangkan secara utuh, jadi ada beberapa bagian yang ada di kabin diubah oleh PT Beladi Cakra Persada atau Karoseri Cakra. Ubahan yang dilakukan meliputi bagian keselamatan agar sesuai dengan standar di Indonesia.

“Cakra tugasnya mengubah, supaya bus itu masuk regulasi di Indonesia, contohnya spion,” ucap Rahmat Hidayat, Direktur Utama PT Beladi Cakra Persada kepada Kompas.com, Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Meluncur Hari Ini, Toyota bZ4X Sudah Bisa Dipesan


Bisa dilihat, bus Model T ini menggunakan spion kamera, jadi masih perlu dilakukan penyesuaian. Selain spion, ada beberapa komponen yang ditambah pada bagian kabin, terutama untuk keamanan.

“Tambahan dari Cakra seperti APAR, ban serep, dan partisi penumpang,” kata Rahmat.

Secara bentuk bus, Model T ini sangat sederhana, bentuknya mengotak tanpa ada tarikan garis yang tajam. Selain itu, bentuk lampu depannya pun minimalis, sangat futuristis dan terkesan simpel.

Bus ini pun dikelir merah, dan ditempel stiker di bagian sampingnya. Stiker yang dipasang seperti G20 Indonesia 2022, Indika Energy dan Foxconn, serta Kementerian Investasi atau BKPM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.