Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Ungkap Penyebab Harga bZ4X Tembus Rp 1 Miliar

Kompas.com - 11/11/2022, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan mobil listrik murni bZ4X di Tanah Air pada Kamis (10/11/2022).

Mobil yang menjadi kendaraan para delegasi selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali ini dibanderol Rp 1,190 miliar.

Jika melihat banderol yang ditawarkan, harga mobil listrik Toyota bZ4X memang tidak bisa di bilang murah. Padahal, para produsen otomotif roda empat lainnya kini tengah berlomba-lomba menawarkan produk mobil listrik dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Simak Spesifikasi Mobil Listrik Toyota bZ4X

Namun, Toyota justru mengambil langkah berani untuk menjual kendaraan listrik dengan banderol Rp 1 miliar lebih.

Anton Jimmy Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkap alasan mengapa harga bZ4X miliaran rupiah. Ia menjelaskan, banderol harga tersebut telah disesuaikan dengan proyeksi kenaikan harga mobil akibat berbagai hal di tahun depan.

"Karena kita tahu, ini launching di akhir tahun dan ini salah satu antisipasi lonjakan harga di bulan Januari 2023 mendatang," ujar Anton, di sela-sela peluncuran Toyota bZ4X, di Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Anton melanjutkan, kenaikan harga mobil pada awal tahun sebetulnya merupakan hal yang wajar terjadi. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kenaikan harga material hingga pajak pemerintah.

"Karena kenaikan harga itu kan ada beberapa faktor ya, dan sudah pasti awal tahun itu harga akan naik. Faktor tersebut antara lain adalah kenaikan harga material, ada masalah nilai tukar karena dolar menguat, dan juga masalah lainnya," kata dia.

“Kami mengamankan supaya tidak ada lonjakan harga yang mungkin tiba-tiba. Ini sudah diperhitungkan. Jadi kami akan pertahankan harga ini,” ucap Anton, melanjutkan.

Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.

Sebagai informasi, TAM akan mengimpor bZ4X secara utuh dari Jepang alias berstatus completely built-up (CBU).

Toyota di Indonesia dipasarkan hanya satu varian saja yakni Front Wheel Drive (FWD) panoramic roof yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 244 Tk dan torsi 266 Nm.

Baca juga: Toyota bZ4x Meluncur, Bagaimana dengan Prius PHEV?

Mobil ini bisa menempuh jarak 500 Km dalam sekali pengecasan. Sementara untuk waktu pengecasan mobil ini membutuhkan waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com