Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Desain S-Presso, Mobil Termurah Suzuki Bernuasa Mini SUV

Kompas.com - 09/11/2022, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan segmen city car di Tanah Air yang mulai redup, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis S-Presso pada gelaran GIIAS 2022 lalu.

Mobil CBU India ini hadir menawarkan dimensi compact yang dikemas dalam visual ala mini SUV. Tak heran bila banyak yang menyebutnya sebagai "baby Jimny".

Secara desain, Suzuki S-Presso memang memiliki tongkrongan yang bisa dibilang nyentrik. Apalagi disajikan dengan ragam pilihan warna menarik sesuai target pasarnya, yakni segmen anak muda.

Baca juga: Penampakan Toyota Innova Zenix Hybrid Lengkap dengan Sunroof

Berdasarkan data, Suzuki S-Presso memiliki dimensi yang lebih kecil dibanding saudaranya, yakni Ignis.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

S-Presso hadir dengan panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.565 mm, dan ground clearance yang cukup jenjang untuk sebuah city car, yakni 180 mm.

Model gril depan berlapis krom yang terdiri dari empat lubang mengapit lambang Suzuki, jadi salah satu daya tarik sekaligus menutup kesan sederhana dari sistem penerangan yang hanya mengusung hologen.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Kota November 2022, Termurah Mulai Rp 150 Jutaan

Tampilan mini SUV mulai dilihatkan dari bentuk bumper dengan kesan kotak. Sementara di bagian bawah, terdapat front skid plate dengan kelir abu-abu. Sayang tak langsung dilengkapi lampu kabut.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso

Masuk ke bagian samping, kesan sederhana kembali ditampilkan dari desain polos tanpa guratan di bagian bodi.

Untungnya, hal ini bisa ditutupi dengan penyematan pelek black polished berdimensi 14 inci yang cukup mendongkrak tampilannya.

Baca juga: Uji Konsumsi BBM 5 LMPV Terlaris Jalur Perkotaan, Siapa Paling Irit?

Demikian juga untuk desain belakang, visualnya dibuat sederhana tanpa banyak ornamen pemanis. Namun, S-Presso sudah memiliki fitur defogger pada kaca, rear spoiler bersama high mount stop lamp, rear combination lamp, dan rear skid plate.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

Kelengkapan tersebut terbilang cukup untuk sebuah mobil kota. Apalagi secara harga Suzuki S-Presso paling murah di kelasnya, karena bila dibandingkan banderolnya justru bersaing ketat dengan mobil-mobil di segmen LCGC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com