Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresini Racing Dapat Penghargaan Tim Satelit Terbaik MotoGP 2022

Kompas.com - 08/11/2022, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gresini Racing berhasil menutup musim 2022 dengan hasil yang cukup manis. Tim balap ini mendapat penghargaan dan pebalapnya pun berhasil meraih targetnya.

Tim balap yang disponsori oleh Federal Oil ini mendapatkan penghargaan Best Independent Team Rider MotoGP World Championship 2022 alias tim satelit terbaik musim ini.

Baca juga: Targetkan Podium, Bastianini Incar Peringkat Ketiga Klasemen

Selain Gresini Racing, Enea Bastianini juga berhasil mengakhiri musim ini di peringkat ketiga klasemen. Dia berhasil menggeser Aleix Espargaro yang sebelumnya hanya unggul satu poin.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022LUIGI SOLDANO Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022

Mengawali musim dengan sangat kompetitif, Bastianini berhasil memberikan kejutan dengan naik podium kemenangan di Sirkuit Qatar. Bastianini juga mampu empat kali naik podium kemenangan dan dua kali podium posisi kedua.

Selain itu, Bastianini yang mengandalkan Ducati Desmosedici GP21, berhasil mencatatkan fastest lap di Qatar, Amerika, dan San Marino, serta meraih pole position di Austria.

Baca juga: Gresini Racing Targetkan Tiga Besar di Klasemen MotoGP

“Kita telah melakukan pekerjaan yang hebat, setelah apa yang terjadi sebelumnya. Senang dengan hasil posisi tiga ini dan raih titel sebagai pembalap independen terbaik,” ujar Bastianini, dalam keterangan resminya.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022

Bastianini menambahkan, musim ini adalah musim yang luar biasa dan dia pun berterima kasih kepada Tim Gresini Racing yang telah mendukungnya di berbagai situasi.

Hasil musim ini dia persembahkan untuk Fausto Gresini. Musim depan, Bastianini akan pindah ke tim pabrikan Ducati Lenovo dan digantikan dengan Alex Marquez.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022

Sementara itu, Fabio Di Giannantonio juga tampil bikin bangga penggemar MotoGP, di musim penutup bisa mendapat tambahan poin di klasemen. Pebalap yang akrab disapa Diggia ini musim depan masih bersama Gresini Racing.

“Akhirnya kita bisa raih poin tambahan dan ini sangat bagus meski satu poin tapi sangat penting, karena kita sudah kehilangan lama berada di 15 besar. Kita akan istirahat sejenak dan siap memulai untuk musim 2023,” kata Diggia.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022

Pada klasemen akhir MotoGP 2022, Bastianini berhasil mengumpulkan 219 poin. Sedangkan Diggia, berada di peringkat ke-20 dengan total 24 poin.

Prestasi musim ini juga jadi sejarah baru bagi Gresini Racing dan Federal Oil yang sudah bekerja sama lebih dari satu dekade. Sebab, semua hasil tersebut didapat dalam musim pertama tim ini naik ke MotoGP.

Federal Oil Brand General Manager, Rommy Averdy Saat, mengatakan, dirinya mengapresiasi kerja keras tim dan pebalap Tim Gresini Racing sepanjang musim 2022, sehingga dapat meraih hasil yang membanggakan di akhir musim.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gresini Racing (@gresiniracing)

"Tentunya hasil ini tidak terlepas dari peran rekomendasi ahli tim mekanik yang terlibat. Federal Oil akan terus mendukung Tim Gresini Racing di musim depan, semoga dengan duet Alex Marquez dan Fabio Di Giananntonio dapat melanjutkan catatan positif tim udah dapat mempersembahkan gelar juara dunia,” ujarnya.

Rommy Averdy menambahkan, musim 2023 akan dimulai dengan uji coba pekan ini di Valencia dengan Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio. Dia pun berharap kedua pebalap tersebut bisa cepat beradaptasi.

"Kami optimistis dengan semangat baru di musim depan, Tim Gresini Racing Bersama Federal Oil dapat mempersembahkan prestasi yang lebih baik lagi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com