Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Bahan Bakar Apa yang Disarankan untuk Innova Reborn Diesel?

Kompas.com - 08/11/2022, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Toyota Innova reborn diesel tetap menjadi andalan masyarakat Indonesia. Pasalnya, mobil ini diklaim lebih irit bahan bakar serta memiliki ketangguhan mesin yang tidak diragukan lagi.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan kabin yang luas serta memiliki desain yang sporty dan modern. Hal itu membuat Innova reborn diesel makin menawan.

Hingga menjelang peluncuran Innova Hybrid, Innova reborn diesel masih saja memiliki harga jual yang tinggi di pasaran. Tidak heran, hal itu bisa terjadi lantaran kualitas mobil tersebut memang jempolan.

Baca juga: Efek Samping Paksa Innova Diesel Minum Solar Murah

Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar DesignCHANUT WANNASARNMETHA Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar Design

 

Namun, tidak sedikit pula pemilik Innova diesel masih kurang memahami dampak buruk penggunaan bahan bakar yang berkualitas rendah. Hal itu tentu saja membuat Innova reborn diesel mengalami penurunan performa.

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan performa mesin Innova diesel pasti akan menurun bila dipaksa menenggak solar yang berkualitas rendah.

“Banyak ruginya menggunakan bahan bakar yang berkualitas rendah, dari sisi performa tentu rasanya beda antara bahan bakar yang bagus dan jelek, bahkan secara perawatan bahan bakar yang berkualitas rendah bikin banyak masalah,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Baca juga: Daftar Harga Innova Diesel Generasi ke-3 Mulai Rp 195 Jutaan

Mesin Innova DieselDicky Aditya Wijaya Mesin Innova Diesel

Dia mengatakan performa Innova diesel akan optimal bila menggunakan bahan bakar yang dianjurkan oleh pabrikan.

“Seharusnya, Innova diesel menggunakan bahan bakar Pertamina Dex dengan nilai cetan yang tinggi serta kandungan sulfur yang kurang dari 50 ppm, hal itu sesuai dengan saran pabrikan dan sesuai dengan aturan Euro 4,” ucap Eko.

Dia mengatakan selain tenaga yang dihasilkan berkurang akibat kualitas bahan bakar, hal itu juga akan berdampak pada cepatnya interval penggantian filter bahan bakar.

Baca juga: Daftar Harga Innova Diesel Generasi Ke-2, Mulai Rp 182 Jutaan

Modifikasi Toyota Innova diesel 2015doc pribadi Askasifi Eka Cesario Modifikasi Toyota Innova diesel 2015

“Dengan bahan bakar yang banyak mengandung sulfur atau solar berkualitas rendah, maka filter solar akan cepat kotor dan tersumbat, hal itu membuatnya perlu diganti lebih sering,” ucap Eko.

Jadi, memang pada dasarnya Innova diesel cocok mengkonsumsi bahan bakar yang berkualitas tinggi. Terlebih lagi mesin mobil ini sudah menggunakan sistem Common Rail yang bertekanan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com